• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


BMKG Deteksi Empat Titik Api di Babel

Sabtu, 29 Juli 2017 | 17:01 WIB
Rizki Adzani, Staf BMKG saat menunjukan koordinat titik api melalui monitor pemantau di BMKG. (Foto: Ruci Candra/ Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kota Pangkalpinang mendeteksikan ada empat titik api (hotspot) di wilayah Bangka Belitung (Babel). 

Staf Koordinator Unit Analisa Kantor BMKG Pangkalpinang Rizki Adzani, mengatakan dari dampak musim kemarau yang akan melanda wilayah Babel, hal ini terlihat dengan cuaca teriknya matahari dalam beberapa hari belakangan ini yang mengakibatkan munculnya beberapa titik api di beberapa wilayah Babel. 

Adapun titik api dari pantauan yang dilakukan BMKG Kota Pangkalpinang tersebut, yakni terdapat di Parit Tiga, Jebus, Belinyu dan Simpang Katis.

"Munculnya titik api tersebut, belum bisa dikatakan berbahaya dan BMKG pun menilai belum bisa mengeluarkan imbauan waspada, karena dari kondisi tersebut masih normal dan ini belum bisa kategorikan berbahaya atau waspada," ujarnya, Sabtu (29/7/2017).

Faktor munculnya titik api, sebut Rizki,  bukan hanya disebabkan karena faktor manusia, tetapi ada juga disebabkan oleh faktor lainnya yakni terdapatnya suhu panas yang cukup tinggi di sekitar wilayah tersebut, yang disebabkan adanya aktivitas pembukaan lahan dengan cara dibakar. 

"Kalau dilihat dari prakiraan, titik api kemungkinan bisa bertambah, tapi kita belum menyatakan itu dalam status waspada maupun bahaya bahaya," jelasnya.

Loading...
loading...


Penulis  : Ruci
Editor    :
Sumber : klikbabel.com