• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Basarnas Kirim 6 Personel ke Belitung

Senin, 17 Juli 2017 | 08:32 WIB
Kondisi banjir di Belitung Timur. (Foto : dok)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Badan SAR Nasional (Basarnas) Pangkalpinang mengerahkan 6 personel-nya untuk membantu evakuasi korban bencana banjir di Belitung dan Belitung Timur (Beltim). Demikian diungkapkan Kepala kantor SAR Pangkalpinang, Deden Ridwansyah.

"Selain anggota kami yang ada di pos SAR Belitung, jam 15.00 Wib tadi kami berangkatkan 6 orang personel," ujar Deden kepada klikbabel.com, dalam rilis pesan Whatsapp, Minggu (16/7/2017) tadi malam.

Keberangkatan personel-nya itu kata Deden membawa 2 unit perahu karet serta makanan darurat dan logistik dari Dinas Sosial Provinsi. Sementara, terkait operasi yang dilakukan pihaknya, Deden mengatakan operasi tersebut sesuai dengan Undang-undang Nomor 29 tahun 2014 tentang pencarian dan pertolongan. "Yang salah satunya melaksanakan pencarian dan pertolongan serta evakuasi terhadap warga yang terkena banjir," katanya.

Setiap kali melakukan operasi, kata Deden dilakukan selama tujuh hari. Namun berbeda dengan operasi terhadap bencana banjir. "Namun khusus bencana alam seperti banjir kami bekerja hanya pada saat tanggap darurat, dan membantu BNPB sebagai leading sector," ungkapnya.

"Jadi manakala air surut dan tidak ada lagi masyarakat yang memerlukan evakuasi, maka kami balik kanan, kecuali diminta bantuan oleh dinas terkait untuk menyalurkan bantuan logistik dan lain-lain. Sekarang kita satukan hati, pikiran dan tekad untuk membantu saudara-saudara kita di Beltim," tambahnya.

loading...


Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com