• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Dukcapil Bangka Antisipasi Pendatang Baru

Selasa, 04 Juli 2017 | 13:59 WIB
Kepala Bidang Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Bangka, Agus Supriatna. Foto : Rama
Loading...

Klikbabel.com,Sungailiat - Pasca lebaran biasanya menjadi waktu para pendatang baru berdatangan ke daerah lain guna mencoba peruntungan dengan bekerja. Situasi ini menjadi perhatian Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bangka untuk mengantisipasi membludaknya kedatangan para pendatang dari daerah lain.

Kepala Bidang Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Bangka, Agus Supriatna mengatakan dalam mengantisipasi hal itu, pihaknya akan merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 14 tahun 2015 tentang Pendataan Penduduk non Permanen dengan melakukan pendataan melalui desa atau kelurahan.

"Akan dilakukan pendataan penduduk melalui desa atau kelurahan, seperti kriteria pendatang yang datang dan bersifat sementara seperti menempuh pendidikan, tugas belajar, serta kunjungan keluarga,"jelas Agus, Selasa (4/7/2017) di Sungailiat.

Untuk penduduk non permanen, Dukcapil kata Agus akan mengeluarkan surat keterangan tinggal sementara selama tiga bulan. "Dukcapil juga menyiapkan petugas pendataan, karena ini merupakan aturan baru dan belum diketahui seluruh masyarakat, selama ini banyak masyarakat yang malas melapor," tutupnya.

Loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com