• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Budidaya Ikan Air TAwar Mulai Marak

Jumat, 09 Juni 2017 | 21:54 WIB
Musofa, Kepala Desa Riding Panjang
Loading...

Klikbabel.com, Merawang - Memanfaatkan kolong-kolong bekas penambang timah untuk dijadikan lokasi budidaya ikan air tawar semakin gencar dilakukan masyarakat Kabupaten Bangka, seperti yang dilakukan masyarakat Desa Riding Panjang, Kecamatan Merawang.

"Kebanyakan masyarakat di sini dari dulu asalnya berkebun, bertani dan ada juga yang menjajakan dagangan di Pasar desa. Dulunya juga masyarakat Riding panjang sendiri banyak bekerja sebagai penambang timah dan semenjak timah mulai habis, mulai beralih kesektor lain, seperti pertanian, perkebunan serta juga ada yang memanfaatkan kolong untuk budidaya ikan,” Ungkap Kepala Desa Riding Panjang Musofa, Jumat (09/06/2017).

"Masyarakat ada yang membudidayakan ikan air tawar, seperti Nila, Gabus, Gurami untuk meningkatkan perekonomian mereka," Tambahnya.

Menurutnya, pemberdayaan masyarakat juga terus dilakukan dengan memberikan pelatihan mengolah ikan menjadi makanan olahan yang ekonomis.

"Di sini juga desa memberdayakan ibu-ibu PKK kita untuk menciptakan dan menghasilkan makanan yang bergizi dari ikan hasil tambak kita,"tuturnya.

Kedepannya diharapkan desa yang dipimpinnya dapat maju dan berkembang sehingga dapat menjadi contoh bagi desa-desa yang lain di Kabupaten Bangka terutama dalam menonjolkan kreatifitas masyarakat.

Loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Angga S
Sumber : klikbabel.com