• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemkab Bangka Akan Terus Pantau Harga Pasar

Senin, 29 Mei 2017 | 20:43 WIB
Para peserta rapat TPID di Kabupaten Bangka (Rama/klikbabel)

Klikbabel.com, Sungailiat - Sekda Kabupaten Bangka H Fery Insani berharap untuk operasi pasar yang sudah dijadwalkan agar dapat dipersiapkan dengan sebaik baiknya, terutama menghadapi puasa dan Idul Fitri yang akan datang.

''Pelaksanaan masih mencari format yang tepat dalam melakukan Operasi Pasar nantinya,'' Jelas Fery pada rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) kabupaten Bangka, Senin (29/05/17) di ruang OR Bina Paraja Kantor Bupati Bangka.

Fery mengatakan, belum dipastikan juga, apabila diselenggarakannya Operasi Pasar ini dapat atau tidaknya menekan angka inflasi, karena belum adanya hasil penelitian tentang hal tersebut.

Ditambahkan Fery, Penyelenggaran Oprasi Pasar saat ini merupakan gerakan moral untuk membantu masyarakat yang akan menghadapi puasa serta lebaran Idul Fitri.

Sementara itu, Sudarta dari Bank Indonesia (BI) menjelaskan, dari dulu hingga sekarang angka inflasi di Bangka Belitung sepanjang tahun memang selalu tinggi di Indonesia, Pada tahun 2015 inflasi di Bangka Belitung 3,5%, namun pada tahun 2016 melonjak sampai 6,75%.

Diungkapkannya, bahwa penyebab melonjaknya angka inflasi di Babel pemicunya adalah transportasi angkutan udara.

''Inflasi angkutan udara, hal ini disebabkan ayunan perubahan harganya yang tinggi,''tuturnya.

Sementara itu, upaya memantau inflasi di Kabupaten Bangka, TPID Kabupaten Bangka saat menjelang puasa sudah melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok pada 8 kecamatan dan untuk selanjutnya pemantauan harga, akan dilakukan kembali menjelang Idul Fitri.

loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Andre Ans
Sumber : klikbabel.com