• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Jangan Setengah Gratis

Senin, 15 Mei 2017 | 23:05 WIB
Ilustrasi suasana belajad di dalam salah satu ruang SD Muhammadiyah Gantong, Beltim. (foto: Ramandha/ klikbabel.com)
Loading...

Kami berharap agar Gubernur Babel yang baru memang benar-benar menggratiskan semua biaya pendidikan sesuai dengan janji kampanye Erzaldi-Fatah.

 

PROGRAM  pendidikan gratis oleh pemerintah melalui mekanisme Bantuan Operasional Sekolah (BOS), belum sesuai dengan harapan para orang tua. Pendidikan gratis tersebut hanya baru menggratiskan iuran sekolah saja. Itu pun di sekolah negeri, tetapi di sekolah swasta yang menerima BOS ternyata juga masih memungut iuran sekolah.

Hal ini tentunya menimbulkan pertanyaan besar bagi orang tua murid tentang seperti apa pendidikan gratis dan berkualitas yang sebenarnya.

Menurut Beni (34) warga Toboali orang tua murid dari Devin yang anaknya bersekolah di salah satu sekolah dasar di Toboali mengatakan, saat ini ditingkat sekolah dasar saja sudah membutuhkan biaya sekolah minimal Rp3 juta dalam setahun.

"Itu baru untuk keperluan beli seragam sekolah, sepatu, buku tulis, buku pelajaran dan LKS. Belum lagi untuk keperluan jajan anak, sumbangan kegiatan, les dan lain-lainnya," ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Adi (38), orang tua murid yang anaknya bersekolah di sekolah menengah pertama di Toboali.  "Kami orang tua murid membutuhkan bantuan sekolah yang benar - benar gratis dan tidak setengah gratis, seperti gratis seragam sekolah, sepatu sekolah, buku tulis, buku pelajaran dan LKS. Serta bebas dari sumbangan kegiatan apapun dari sekolah tapi khusus masyarakat yang kurang mampu saja," ungkapnya.

Yanto (43) warga Air Gegas yang anaknya bersekolah sekolah menengah atas Kec. Air Gegas berharap, agar Gubernur Babel yang baru mewujudkan janji kampanye terkait pendidikan gratis ini.

"Kami berharap agar Gubernur Babel yang baru memang benar-benar menggratiskan semua biaya pendidikan sesuai dengan janji kampanye Erzaldi-Fatah," harap Yanto.  (Wiwin Suseno)

 

Loading...
loading...


Penulis  : Wiwin
Editor    :
Sumber : klikbabel.com