• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Gelar Lomba Pantun, Polres Bangka Ingin Jaga Kearifan Lokal

Rabu, 15 Januari 2020 | 13:47 WIB
Lomba pantun yang digelar Polres Bangka. Foto : Hairul/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Polres Bangka menggelar lomba pantun dengan kategori SMA, umum dan beregu. Lomba pantun diikuti 47 peserta.

Kapolres Bangka AKBP Aris Sulistyono SH,MH mengatakan lomba berpantun ini guna menjaga kearifan lokal adat budaya melayu.

"Tentunya perlombaan berpantun ini menjadi sebuah berkat silahturahmi yang sekaligus upaya dalam bersama-sama menjaga situasi kamtibmas di wilayah Bangka," kata kapolres.

Aris berharap perlombaan berpantun ini dapat menjadi indikator yang positif bahwa kamtibmas di wilayah Bangka itu kondusif.

"Sehingga dalam lomba berpantun ini dapat memberikan warna seni bagi tiap peserta untuk didaerah maupun di lingkungannya. Semoga kegiatan berpantun ini dapat memupuk rasa berbudaya diwilayah Bangka dan Provinsi Babel pada umumnya," harapnya.

Wakil Bupati Bangka, Syahbudin S.Ip sangat mengapresiasi kegiatan tersebut guna mendukung pelestarian adat budaya melayu di Bangka.

"Dalam kamus dijelaskan pantun itu puisi Indonesia Melayu yang terdiri atas 4 baris yang bersajak AB AB,ditiap liriknya biasa berjumlah 4 kata. Baris pertama dan ke 2 tumpuan atau sindiran serta baris 3 dan ke 4 merupakan isi. Setiap baris terdiri dari 8 sampai 12 suku kata yang merupakan pribahasa sindiran,jawaban dan sebagainya," jelasnya.

Selain itu, kegiatan perlombaan berpantun ini sebagai sarana edukasi dan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk pentingnya melestarikan adat budaya. 

Ia berharap peserta yang mengikuti perlombaan dapat bermanfaat untuk membangun kreatifitas dengan menentukan biksi ataupun kata-kata yang tepat saat menciptakan pantun. Sehingga dapat membuat peserta lebih berani dalam mengapresiasikan diri untuk membangun kepercayaan diri.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com