• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Si Semos Resmi Diperkenalkan KPU Beltim ke Publik

Sabtu, 11 Januari 2020 | 09:24 WIB
Maskot Si Semos, yang merupakan maskot resmi Pilkada Beltim. Foto : Belitungtimurkab.go.id
Loading...

Klikbabel.com, Manggar - KPU Belitung Timur meluncurkan secara resmi maskot dan jinggel Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak 23 September 2020 di Taman Segitiga Manggar, Rabu (8/1/20) Malam. Peluncuran ditandai dengan pengenalan Maskot Si Semos dan mendengarkan lagu ‘Belitung Timur Memilih’.

Si Semos merupakan singkatan dari Semproja Mencoblos. Karakter diambil dari salah satu jenis burung yang dikenal dengan nama Sempur Hujan Darat (Eurylaimus Ochromalus) atau Semproja. Burung endemik Pulau Belitong ini mempesona karena variasi warnanya.

Maskot memiliki visual ceria mengandung kegembiraan menyambut Pilkada dan mengandung makna ajakan, serta keramahan. Maskot mengenakan pakaian ciri khas Belitong yang identik dengan budaya melayu.

Ketua KPUD Beltim Rizal mengatakan pemilihan maskot dan jinggel resmi Pilkada Beltim dilakukan oleh tim penilai. Ditekankannya, KPU Beltim tidak ada campur tangan dalam proses pemilihan.

“Saya kira apa yang diputuskan oleh tim penilai cukup objektif. Para pemenang yang terpilih memang sangat mendekati, sesuai dengan kriteria yang kami tetapkan,” kata Rizal.

Dijelaskan Rizal jika Maskot Si Semos digunakan sebagai salah satu sarana mengkomunikasikan demokrasi pilkada kepada masyarakat Beltim. Tangan kanan memegang surat suara dan tangan kiri memegang paku untuk mencoblos.

“Kita ingin memperkenalkan keragaman hewani yang ada di Pulau Belitung dan juga ikut melestarikan burung yang hampir terancam punah ini,” ungkap Rizal. 

Sedangkan untuk jinggel, Rizal mengatakan seperti yang tertuang dalam lirik, merupakan ajakan kepada seluruh masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Beltim. 

“Dengan jinggel ini kita ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kabupaten Beltim untuk mensukseskan dan memilih Bupati dan Wakil Bupati pada 23 September mendatang,” ujarnya.

Loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : belitungtimurkab.go.id