• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Jaga Stabilitas Tahapan Pilkada, Bupati Basel Diimbau Tidak Lakukan Rotasi Jabatan

Jumat, 10 Januari 2020 | 15:40 WIB
Bupati Basel Justiar Noer. Foto : Ist/Humas
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Untuk menjaga stabilitas jalannya tahapan Pilkada tahun 2020, Bawaslu Basel ingatkan bupati untuk tidak melakukan rotasi jabatan hingga adanya penetapan calon terpilih.

Imbauan ini disampaikan langsung oleh Koordinator Divisi Pencegahan Humas dan Hubunhan Antar Lembaga (PHHL) Bawaslu Basel Azhari, Jumat (10/1) siang kepada wartawan.

Kata Azhari, imbauan tersebut merupakan amanat di dalam Pasal 71 ayat (2) Undang-undang No 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

Kepala daerah dilarang melakukan penggantian dan mutasi pejabat 6 bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan.

"Kecuali mendapat persetujuan tertulis dari menteri. Imbauan ini juga ditujukan kepada pejabat daerah, pejabat ASN, kades atau lurah," sebut Azhari.

Mereka diminta untuk tidak membuat keputusan dan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon.

Azhari berharap imbauan tersebut dapat dilaksanakan dengan sebenar-benarnya. Untuk itu Bawaslu Basel membuka posko pengaduan bilamana adanya penggantian pejabat oleh Pemkab Basel.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com