• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Mahar Politik di Pilkada Basel Minimal Rp2,5 Miliar

Rabu, 04 Desember 2019 | 16:57 WIB
Ketua DPC PDIP Basel Erwin Asmadi. Foto : Devi Dwi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Bangka Selatan (Basel) secara resmi menutup pengembalian formulir pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati yang ingin maju ke Pilkada serentak tahun 2020. "Pengembalian formulir pendaftaran kita tutup pada pukul 16.00 WIB dan untuk langkah selanjutnya, karena hari ini batas akhir saya akan melaporkan ke DPD dan DPP," ujar Ketua DPC PDIP Basel Erwin Asmadi, Rabu (4/12) siang.

 

Pada tingkat DPD, para bacalon yang mengembalikan formulir akan melalui proses fit and proper test. Hanya saja jadwalnya belum ditentukan kapan dan akan disampaikan kepada seluruh bakal calon. "PDIP tidak ada mahar politik. Disini kita hanya menanyakan kepada calon itu kesiapan mereka dari segi financial. Artinya financial itu untuk pergerakan dan operasional mereka dalam meraih kemenangan," ujarnya.

Para calon lah yang menentukan budget untuk memenangkan suatu pertarungan di dalam pilkada. Erwin mengaku seluruh bakal calon menyampaikan nominal yang akan digunakan untuk persiapan pilkada. "Rata-rata semua menyampaikan nominal yang disiapkan. Saya belum buka juga, karena nanti mereka akan siapkan proposal sendiri untuk memenangkan pilkada berapa butuh. Dan semua orang beda budgetnya," kata dia.

Rata-rata bakal calon menyampaikan mahar politik yang akan digunakan untuk tahap pelaksanaan pilkada minimal sebesar Rp 2,5 miliar. Para calon akan membuat program dengan biaya yang disiapkan. "Kalau untuk PDIP tidak ada standar cost politik. Kalau mau menang mungkin biaya lebih besar, atau yang pertama elektabilitas calon, kedua tidak menutup kemungkinan didukung dari financial," ungkapnya.

 

 

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com