• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Peremajaan Pasar Sukadamai Toboali Siap Ditempati, Pedagang Digratiskan Lapak hingga 6 Bulan

Selasa, 03 Desember 2019 | 12:13 WIB
Kawasan Pasar Sukadamai Toboali. Foto : devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Jeki bersama adiknya Deka membangun pasar tradisional permanen di kawasan Sukadamai, Tanjung Ketapang. Inisiatif tersebut mereka lakukan untuk meremajakan bangunan pasar lama lantaran terkesan kumuh. Selain itu kondisi bangunan pasar yang berada di tepat bibir pantai itu sudah tidak layak ditempati dan rentan terjadi insiden kecelakaan. Karena tidak kuatnya papan untuk jalan dan lapak menampung beban.

Apalagi ketika gelombang air laut sedang pasang. Para pedagang yang menempati lapak tepat di pinggiran pantai tidak dapat berjualan. Selain itu, banyaknya tanaman pohon kelapa di sekitar sudah berulang kali jatuh menimpa lapak pedagang. "Karena kondisi yang demikian membuat saya bersama adik saya Deka tergerak untuk meremajakan aktivitas jual beli ke pasar baru. Apalagi lokasinya tidak jauh dari pasar Sukadamai yang sekarang," ujar Jeki, Selasa (3/12).

Jeki mengatakan pasar baru itu sudah selesai dibangun sejak satu tahun yang lalu dengab luas 18 X 36 m. Meski belum ditempati, fasilitas seperti kebutuhan air, listrik PLN, sanitasi hingga toilet akan terus dilengkapi. "Di lokasi pasar baru ini kami menyiapkan 73 lapak untuk pedagang. Fasilitas yang lengkap seperti listrik, air, toilet, sanitasi pembuangan yang baik, parkir yang luas dan CCTV pengaman. Bagi pedagang baru, saya pun belum mau menarik uang sewa," ujarnya.

Dengan demikian, para pedagang akan digrariskan untuk menempati lapak pasar yang telah dibangunnya tersebut hingga pemasukan para pedagang stabil. Mungkin, sambung dia hingga 3-6 bulan kedepan belum dipungut sewa lapak. "Kalau pedagang sudah penuh dan penjualan stabil, pembeli sudah banyak baru kita lakukan pungutan sewanya. Jadi untuk pertama kita akan gratiskan sampai tiga bulan, bahkan sampai enam bulan lebih, termasuk biaya liatrik dan air," ujarnya.

Inisiatif Jeki dan Deka mendapat apresiasi dari Ketua Pedagang Kaki Lima Toboali Junaidi. Tentunya Junaidi sangat mendukung program peremajaan pasar Sukadamai yang diinisiasi Jeki dengan fasilitas yang lengkap. "Kami imbau kepada pedagang untuk pindah ke lokasi yang baru, in sya Allah dengan tempat yang baru ini transaksi akan lebih sehat dan aman, ekonomi masyarakat akan meningkat,” imbau Junaidi.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com