• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Jika UN Dihapus, Mulkan : Kita Siap Ikuti Kebijakan Pusat

Senin, 02 Desember 2019 | 15:49 WIB
Bupati Bangka Mulkan bersama Wakil Bupati Syahbudin saat mengecek aset kendaraan milik Pemkab Bangka. Foto : Hairul/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Rencana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk menghapus Ujian Nasional mendapat berbagai reaksi, termasuk pertanyaan apa yang akan menjadi patokan dalam penerimaan murid baru tingkat SMP dan SMA/SMK. Selama ini, untuk masuk SMA/SMK digunakan nilai UN SMP atau nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional SD untuk masuk SMP.

Klik Juga : Sambangi DPRD Bangka, Warga Belinyu Tolak Tambang Udang

Meski demikian, Bupati Bangka Mulkan,SH,MH mengatakan, pihaknya siap mengikuti segala kebijakan pusat jika benar-benar dihapuskan. "Ya nantilah, tapi kita yang dibawah ikuti saja," kata Mulkan usai pelaksanaan upacara HUT Korpri dan Hari Guru, Senin (2/12/2019). Mulkan mengatakan, apa yang menjadi kebijakan pusat akan diikuti. "Apa kebijakan pusat kita ikuti," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan, Ade Erlangga Masdiana, mengemukakan lembaganya bakal menerbitkan regulasi anyar untuk penerimaan siswa baru tahun depan. Saat ini, Kementerian tengah menghimpun berbagai aspirasi dari pemangku kepentingan. Wacana penghapusan ujian nasional, juga dipertimbangkan dalam penyusunan aturan ini.

Keinginan menghapus ujian nasional pertama kali dicetuskan oleh Nadiem Makarim dua pekan setelah menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Kementerian Pendidikan mengatakan lembaganya tengah menyusun metode penilaian yang baru sebagai pengganti ujian nasional dan ujian sekolah berbasis nasional. Meski tak lagi menjadi tolok ukur kelulusan sejak 2015, ujian nasional belum terbebas dari penyimpangan. Menjelang masa ujian nasional 2019, beredar bocoran soal ujian matematika.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com