• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Dinilai Merugikan, Warga Belinyu Sambangi DPRD Bangka untuk Tolak Tambak Udang

Senin, 02 Desember 2019 | 15:31 WIB
Warga Belinyu bertemu dengan Wakil Ketua DPRD Bangka Mendra Kurniawan, Senin (2/12/2019). Foto : Hairul/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Warga Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka melakukan penolakan terhadap tambak udang yang berlokasi di Pahlawan XII Kelurahan Belinyu, Kabupaten Bangka. Penolakan disampaikan warga saat bertemu dengan Wakil Ketua DPRD Bangka Mendra Kurniawan di ruangnya, Senin (2/12/2019).

Salah satu warga Irpandi mengatakan, tambak udang tersebut sudah beroperasi sejak dua bulan lalu. Namun sayangnya kata dia, sampai saat ini tidak ada sosialisasi kepada warga. "Sosialisasi tidak ada apapun. Padahal informasi dari kelurahan mereka sudah mendapat izin sejak 2018," kata Irpandi.

Menurut dia, tambak udang yang dikelola CV Budidaya Hamparan Lestari ini sudah beroperasi sejak dua bulan, sehingga melangkahi masyarakat. Padahal penolakan sudah dilakukan namun aktivitas tambak tersebut masih saja berjalan. Selain itu kata Irpandi, tambak tersebut berada di dekat pemungkiman warga.

"Dekat pemungkiman. Mangrove yang ada akan habis, jika habis maka angin barat akan menghantam pemungkiman warga," ujarnya. Selain itu, kekhawatiran lainnya menurut Irpandi terkait mata pencarian warga sebagai nelayan di pesisir. Dimana, banyak warga yang menggantungkan hidupnya dengan mencari ikan, kepiting dan lainnya.

Dengan adanya aktivitas tambak udang maka para nelayan akan semakin kesulitan. "Kita ingin semua dikembalikan. Mangrove dan lainnya," sebutnya. Irpandi menegaskan, penolakan ini bukan berarti warga anti pengusaha dan investasi. Apalagi kata dia, jika itu memiliki manfaat besar untuk masyarakat di kecamatan dan kabupaten.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com