• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Wagub Babel Resmikan Berkah Mart

Jumat, 29 November 2019 | 15:01 WIB
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah, Jumat (19/11/2019) pagi, meresmikan Berkah Mart “Karya Timur Bersinar” Desa Air Mesu Timur, Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah.

Peresmian yang ditandai dengan pemotongan Pita Pintu Berkah Mart, turut dihadiri Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh, Kepala Dinas Pemdes Babel, Yuliswan, Camat Pangkalanbaru, Kades Air Mesu Timur, Direktur BUMDes Air Mesu Timur, Ketua RT se Desa Air Mesu dan masyarakat Desa Air Mesu Timur.

Wagub dalam sambutannya sesaat sebelum Peresmian Berkah Mart mengatakan, dengan adanya Berkah Mart di Desa Mesu Timur ini, diharapkan dapat menyediakan sekaligus  mampu mengendalikan kebutuhan bahan pokok (Sembako) bagi masyarakat yang ada di sekitar Desa Air Mesu Timur  dan sekitarnya.

Kepada masyarakat yang ada di Desa Air Mesu Timur khususnya, diharapkan Wagub Abdul Fatah, dapat berbelanja dan membeli Sembako di Berkah Mart yang telah diresmikan ini, sebab keuntungan yang didapat oleh Berkah Mart juga disisihkan untuk membantu masyarakat tidak mampu di daerah setempat.

Menurut Wagub, ada beberapa keuntungan yang didapatkan masyarakat setempat berbelanja di Berkah Mart, selain lokasinya dekat, barang yang dicari lengkap, juga harga yang relatif terjangkau sesuai dengan harga yang telah ditetapkan oleh Peraturan Menteri Perdagangan.

"Mudah mudahan apa yang dilakukan hari ini dapat diikuti oleh Pemerintah Desa lainnya dalam mendirikan Berkah Mart di wilayah masing – masing," harap Wagub.

Dipenghujung sambutannya, Wagub Abdul Fatah berpesan agar Pengurus Berkah Mart “Karya Timur Bersinar” dapat menjaga dan mengembangkan usaha yang telah didirikan, sehingga dapat lebih maju lagi. “Tolong dijaga dan dihidupkan Berkah Mart ini,” pesan Wagub.

Hal senada disampaikan Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh. Ia berharap Berkah Mart yang telah diresmikan ini, dapat bersaing dengan usaha usaha retail yang ada saat ini. “Saya berharap Berkah Mart ini juga dapat bersaing dengan toko yang lain,“ ujar Ibnu.

Ibnu juga berharap pada tahun 2021 mendatang Berkah Mart ini, nanti bisa menampung tidak hanya Sembako, namun juga hasil pertanian dari para petani dan nelayan yang ada di Bangka Tengah.

Sebelumnya, Kades Air Mesu Timur, Hasanudin menyebutkan, Berkah Mart “Karya Timur Bersinar” dibangun atas bantuan dari Pemprov Babel. “Berkah Mart  Air Mesu Timur ini menerima bantuan 100 juta rupiah. Dari jumlah itu, 90 juta rupiah untuk membeli Sembako,” ungkap Hasanudin.

Hasanudin mengatakan, Pemerintah Desa melalui BUMDes, untuk Berkah Mart “Karya Timur Bersinar” telah menyiapkan sistem dalam penjualan barang-barang yang ada di Berkah Mart, yang nantinya akan terkoneksi langsung dengan sistem yang ada di Pemprov.

Usai Peresmian dengan Pemotongan Pita Pintu Berkah Mart, Wagub bersama Bupati Bangka Tengah, Camat, Kades, Direktur BUMDes Mesu Timur, meninjau kondisi dalam Berkah Mart, sekaligus melihat langsung proses pembelian barang menggunakan sistem. Dalam sistem menggunakan koomputer/laptop itu, untuk mengetahui harga pembeli cukup membawa barang ke alat di sistem, maka langsung bisa diketahui berapa harganya.

Loading...


Penulis  : Septi. A
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com