• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kejari Bateng Musnahkan Barang Bukti Yang Didominasi Narkotika

Kamis, 28 November 2019 | 14:44 WIB
Loading...

Klikbabel.com, Koba - Barang Bukti tindak pidana umum Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Tengah ( Bateng) dimusnakan.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bateng Baharuddin mengatakan pemusnahan Barang Bukti sekarang merupakan lanjutan tugas penuntut umum untuk mengeksekusi barang bukti tindak pidana yang telah berkekuatan hukum tetap.

"Giat ini adalah lanjutan dari tugas penuntut umum untuk mengeksekusi barang bukti tindak pidana yang telah berkekuatan hukum tetap," ujar Baharuddin, Kamis (28/11) di halaman Kantor Kejari Bateng usai Pemusnahan Barang Bukti.

Dominasi Barang Bukti yang dimusnahkan, yakni narkotika. Kemudian alat tambang timah, hingga barang bukti hasil tindak pidana pencurian lainnya.

"Kita merasa prihatin, bahwa dari perkara-perkara yang masuk saat ini lebih di dominasi oleh perkara narkotika. Ukuran kota kecil tidak dijangkau oleh narkotika terbantahkan," ujar Baharuddin.

Ia juga mengatakan bahwa di kegiatan kali ini untuk mengantisipasi jangan sampai barang bukti yang ada disalahgunakan kembali, dan ia berharap agar masyarakat dapat melihat bahwa penegak hukum tidak main-main dengan penyalahgunaan narkotika.

Kasi Barang Bukti Kejari Bateng Rian menambahkan bahwa jika dalam pemusnahan barang bukti kali ini dari 58 perkara, terdiri dari 33 perkara narkotika, 25 perkara tindak pidana umum.

"Dari tindak pidana umum ini terdiri dari pencabulan, penganiayaan, pencurian, pembunuhan, judi, dan aktivitas TI ilegal," ujar Rian.

Dan pada kali ini untuk pemusnahan barang bukti narkotika ada 77,52 gram, sabu 75 gram dan ekstasi 2,02 gram.


"Sudah tiga kali Kejari melakukan giat pemusnahan barang bukti. Setiap pemusnahan barang bukti, selalu yang mendominasi adalah narkotika, dan dibandingkan dengan pemusnahan barang bukti yang pertama dan kedua, pemusnahan barang bukti narkotika kali ini meningkat," ulasnya panjang lebar.

"Secara kuantitas meningkat untuk narkotika," tambah Rian.

Rian kembali mengatakan jika sepanjang tahun ini, untuk narkotika sudah lebih dari 200 gram, dan sisanya ada 900 gram narkotika masih dalam proses persidangan, dan mungkin akan dijadwalkan untuk di pemusnahan barang bukti selanjutnya setelah Inkrah dan ada putusan hukum tetap.

"Nanti setelah inkrah dan ada putusan hukum tetap akan segera kita eksekusi, saat ini masih dalam tahapan pemeriksaan alat bukti," pungkas Rian.

Pantauan dilapangan, pemusnahan Barang Bukti tersebut di hadiri perwakilan Pemkab Bateng, Polres Bateng dan Pengadilan Negri Bateng.

Loading...


Penulis  : Roni
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com