• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


266 Kali Kebakaran Terjadi di Bangka, Kerugian Capai Rp3,8 Miliar

Selasa, 26 November 2019 | 14:59 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Total kerugian kebakaran di Kabupaten Bangka sejak Januari hingga 11 November 2019 mencapai Rp3,8 miliar.

Hal ini terungkap saat sosialisasi dan pelatihan penanggulangan bencana kebakaran pada masyarakat di Hotel Manunggal Sungailiat Bangka, Selasa (26/11/2019).

"Berdasarkan data dari Satpol PP Bangka jumlah kebakaran dari Januari hingga 11 November 2019 adalah sebanyak 266 kali. Dimana 251 kebakaran adalah hutan lahan dan 11 bangunan rumah atau gedung. Total kerugian Rp3,8 miliar," kata Wakil Bupati Bangka Syahbudin.

Menurut Syahbudin, dengan demikian harus belajar dari pengalaman. Diperlukan sistem untuk membantu petugas dengan cepat. "Minimalkan kerugian dengan tindakan pemadaman pemula," pesannya.

Menurut Syahbudin, dengan ada tenaga terlatih dan SDM yang memadai maka menjadi garda terdepan untuk menanggulangi kebakaran sebelum petugas datang ke lokasi.

"Harus ada sistem tenaga bantuan membantu petugas pemadam, terutama yang jauh dari markas pemadaman, ini tujuan dan harapan kegiatan penanggulangan bencana di masyarakat agar ada tenaga terlatih di setiap masuk untuk mengantisipasi dan menanggulangi sebelum petugas kebakaran tiba di lokasi kejadian," bebernya.

Ia mengharapkan, sumber daya manusia yang memadai dan telah memanfaatkan ilmu serta teknologi, sangat mutlak di perlukan dalam sosialisasi dengan tujuan untuk penanggulangan bencana.
 

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com