• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


BEI Perwakilan Babel Gelar Workshop Go Public

Kamis, 14 November 2019 | 12:45 WIB
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Workshop Go Public bertajuk Peluang Pendanaan Perusahaan Menuju Pertumbuhan yang Optimal Melalui Pasar Modal Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung Kamis (14/11/2019) di Novotel Hotel Pangkalpinang tersebut kerjasama antara BEI Babel dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Babel dan Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas).

Kepala Kantor BEI Perwakilan Babel, Yoseph Kaburuan mengatakan workshop tersebut digelar dalam rangka mendukung dan mendorong perusahaan-perusahaan di Babel untuk lebih maju dan berkembang melalui sarana pendanaan di pasar modal yaitu dengan melakukan Go Publik dan mencatatkan efek di PT Bursa Efek Indonesia. 

Ia menjelaskan, pendanaan digunakan untuk meningkatkan kapasitas usaha dan mempercepat pertumbuhan perusahaan. "Salah satu opsi pendanaan dapat melalui pasar modal dengan melibatkan investor publik. Tambahan modal bisa dari owner, keluarga dan teman, bank, surat hutang dan saham," ujarnya.

Menurut dia, perseroan perlu akses pasar modal guna alternatif pendanaan bagi perseroan, dapat meningkatkan nilai perseroan, akses lebih besar pada industri keuangan, meningkatkan profesionalisme dan image perseroan sebagai perusahaan publik dan menciptakan likuiditas saham perseroan.

"Manfaat menjadi perusahaan publik  diantaranya penambahan modal tanpa kewajiban pembayaran bunga, insentif pajak 5 persen jika IPO 40 persen dari total saham yang ditawarkan," tuturnya.

Ia menambahkan, menjadi perusahaan publik, pemilik saham pendiri juga hanya dikenakan pajak penghasilan sebesar 0,5 persen dari nilai saham perusahaan pada saat penawaran umum pendanaan dan 0,1 persen dari nilai transaksi pada saat penjualan saham transaksi pada saat penjualan saham, serta dapat meningkatkan nilai dari pemegang saham dan perseroan, meningkatkan likuiditas saham pemegang saham.

Loading...


Penulis  : Septi. A
Editor    : anggun
Sumber : Klikbabel.com