• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Perayaan Maulid Nabi Muhammad, Pemdes Pemali Gelar Cukuran Massal

Minggu, 10 November 2019 | 17:12 WIB
Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Pemali. Foto : ist
Loading...

Klikbabel.com, Pemali - Pemerintah Desa Pemali Bangka menggelar cukuran massal dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/ 2019 M, Minggu (10/11).

Cukuran massal merupakan suatu tradisi yang selalu dilaksanakan oleh masyarakat Desa Pemali dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Acara ini dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Pemali bekerjasama dengan Pengurus Masjid Besar Assa’adah Pemali.

"Tahun ini kita laksanakan di Masjid Besar Assa’adah Pemali, yang tahun sebelumnya kita laksanakan di Masjid Al-Muttaqin Pemali. Terdapat 92 peserta  cukuran yang mengikuti kegiatan ini. Peserta cukuran massal adalah masyarakat Desa Pemali sendiri maupun luar Desa Pemali," ungkap Rosmanto Nata selaku Sekretaris Desa Pemali.

Selain itu, untuk menarik antusiasme masyarakat dalam upaya mempertahankan tradisi ini, panitia pelaksana juga menyediakan hadiah untuk pemenang lomba Pahar Telur (menghias telur cukur). Karena untuk mengikuti cukuran massal tersebut peserta tidak dipungut biaya pendaftaran, akan tetapi peserta diharuskan membawa telur ayam yang telah direbus dan dihias sebanyak 30 butir yang akan dinilai.

"Antusiasme masyarakat sangat meningkat dari tahun ke tahun untuk mengikuti acara cukuran massal ini," tambahnya.

Selain itu, untuk memeriahkan acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H, dilaksanakan juga berbagai macam perlombaan seperti, Tahfiz Qur’an, Murotal, Kaligrafi, Azan, Mewarnai, Hafalan Asmaul Huznah dan Ma’asyir, yang dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 6 – 8 November 2019 di Masjid Besar Assa’adah Pemali.

Dalam sambutannya, Kades Pemali Isnanto mengatakan bahwa dengan memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/ 2019 ini diharapkan suri teladan yang ada pada diri Rasullullah SAW dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari hingga akhir zaman.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama bersinergi membangun Desa Pemali menjadi lebih baik lagi.

Tampak hadir dalam acara tersebut Camat Pemali Putra Jaya, S. Ag dan Kapolsek Pemali Ipda AF Pulungan.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com