• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


SMA Muhammadiyah Toboali Gelar Festival Literasi Lokakarya Jurnalistik

Sabtu, 09 November 2019 | 08:38 WIB
Pokja Jurnalis Bangka Selatan saat memberi materi jurnalistik di SMA Muhammadiyah Toboali. Foto : ist
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Festival literasi digelar oleh SMA Muhammadiyah Toboali yang dimulai pada Kamis (7/11) kemarin. Salah satu rangkaian acara dalam festival tersebut ialah Lokakarya Jurnalistik dan Cerpen yang digelar pada Jumat (8/11) pagi.

Kegiatan lokakarya yang digelar di Aula SMA Muhammadiyah Toboali mengangkat tema "Pentingnya Generasi Milenial untuk Cerdas Berliterasi, Nyalahkan Semangat Masa Depanmu" dibuka oleh Guru Muhammadiyah Sadikin.

Dalam hal ini, SMA Muhammadiyah Toboali menghadirkan narasumber dari Anggota Pokja Jurnalis Basel. Adalah Devi Dwi Putra (Wartawan Klikbabel.com), Ade Imanda (Wartawan Kumparan.com) dan Rawza Erer (Wartawan Babel Pos).

Kegiatan yang diikuti puluhan siswa-siswi SMA Muhammadiyah dan SMP Swasta/Negeri di Toboali ini juga menghadirkan Penulis Aspirasi untuk Negeri Sabpri Saputra, Supratman serta Agustian Deny Ardiansyah.

Guru SMA Muhammadiyah Plus Toboali Sadikin berharap para peserta lokakarya dapat memanfaatkan seluas-luasnya kegiatan ini untuk memahami dunia jurnalistik serta tata cara kepenulisan lainnya.

"Para peserta bukan hanya sekadar memahami secara teori tetapi langsung melakukan praktik dengan menuliskan rilis berita serta tulisan lainnya seperti cerpen dan opini," ungkapnya.

Sementara Anggota Pokja Jurnalis Basel Devi Dwi Putra dan Ade Imanda dalam kesempatan itu memaparkan kepada para siswa cara membuat rilis berita dan mudah untuk dipublikasi ke media. Salah satunya ialah para peserta harus memahami kata kunci 5 W dan 1 H.

"Ditambah dengan foto, banyak tema rilis yang bisa diambil di sekolah seperti kegiatan sekolah, PMI, PMR, Pramuka, kegiatan ekstrakurikuler sekolah, guru atau murid yang berprestasi bisa dibuat menjadi rilis berita, 5 W 1 H ditambah foto, rilis berita akan menjadi menarik," ungkap Devi dan Manda.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com