• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Begini Perjuangan Dina Mariska Meraih Juara Nasional Lomba Penulisan Karya Ilmiah Populer

Jumat, 08 November 2019 | 18:10 WIB
Dina Mariska, juara nasional dari SMA Muhammadiyah Toboali. Foto : dok pribadi
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Meskipun memiliki latar belakang penyakit ABK Tuna Daksa diusianya yang terbilang masih muda, tak membuat Dina Mariska warga Jl Tanjung Ketapang Kecamatan Toboali untuk berdiam diri dan tidak berkarya.

Siswi SMA Muhammadiyah Toboali kelas XI IPS 1 ini menjadikan kekurangannya tersebut sebagai sebuah kekuatan untuk tumbuh dan berkembang menjadi manusia berharga dengan sebuah karya.

Berawal dari kecintaanya membaca dan menulis, membuat Dina Mariska berhasil mengharumkan nama Kabupaten Bangka Selatan (Basel) dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sampai ke tingkat nasional.

Ya, tulisan yang ia buat dinobatkan meraih juara harapan II pada kegiatan ABK Berseri dan Lomba Literasi Inklusi Daring yang digelar oleh Direktorat PPK Ditjen PDM Kemendikbud kategori Lomba Penulisan Karya Ilmiah Populer.

Capaian ini tentunya membuat sekolah, para guru dan kedua orang tuanya bangga meskipun tidak mudah mencapai prestasi itu bilamana tidak mengikuti mekanisme sesuai dengan sistematika perlombaan.

"Karena sangat menggemari dunia literasi aku tertarik membuat karya ilmiah populer dalam sebuah perlombaan. Aku sendiri yang bikin kemudian tulisannya aku kirim via email sesuai dengan ketentuan perlombaan," aku Dina, Jumat (8/11).

Setelah itu, tulisan Dina dikirim pada bulan Agustus 2019 lalu. Namun tak disangka-sangka pada tanggal 3 November 2019 pihak sekolah mendapatkan kabar gembira Dina Mariska lolos dalam perlombaan.

Dina pun berhasil melanjutkan lomba penulisan karya ilmiah ke babak final pada jenjang SMA Inklusi tingkat nasional mewakili Provinsi Babel. Capaian ini tidak mudah didapat dengan waktu yang sangat singkat.

"Jadi dengan waktu yang singkat saya selaku guru pembina mengajak Dina Mariska melakukan beberapa persiapan untuk melanjutkan lomba ke tingkat nasional. Dan hasilnya juara harapan II," timpal guru pembina Fithri Khoirunnisa.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com