• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Demo Tolak KIP di Kantor Lurah Matras Sempat Ricuh

Senin, 04 November 2019 | 12:55 WIB
Aksi penolakan KIP oleh masyarakat Matras. Foto : Rama/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Aksi damai penolakan Kapal Isap Produksi (KIP) dilakukan sejumlah masyarakat di Kantor Kelurahan Matras, Senin (4/11/2019). Terlihat para nelayan, ibu-ibu, pemuda dan elemen masyarakat Kelurahan Matras, bersatu dalam aksi damai dengan membentangkan segala jenis spanduk penolakan KIP.

Warga melakukan orasi dan menegaskan ketidaksetujuan mereka tentang adanya KIP di laut Pantai Matras dan meminta pihak Kelurahan Matras mendukung mereka dalam penolakan KIP.

Pergerakan masyarakat Matras yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan ini juga disinyalir dengan adanya pengumpulan kartu keluarga (KK) oleh oknum warga dan oknum Ketua RT setempat.

Salah seorang orator pun meneriaki dan memberikan aspirasi mereka, bahwa sebagian besar nelayan dan pemuda Matras menolak KIP. "Kalau ada nelayan dan pemuda yang setuju, kami di sini semua nelayan dan pemuda, kami tidak setuju," teriaknya.

Sementara itu, Ridwan selaku Lurah Matras, yang didampingi oleh Kapolsek Sungailiat AKP Dedy Setiawan menyempatkan untuk menemui warga.

Akan tetapi, diskusi diluar ruangan bersama masyarakat tersebut sempat meningkatkan tensi masyarakat peserta aksi damai.

Terpantau di lapangan, kericuhan sempat terjadi setelah datangnya beberapa oknum yang menyatakan diri mereka dari pihak pro KIP. Terlihat aksi dorong-dorongan serta hampir adu fisik antara beberapa orang.

"Kalau dipaksakan masuk KIP ini, lihat saja sesama warga jadi berkelahi. Kami minta jangan lah masuk KIP ini. Di sini ada kakak adik jadi tak akur, orang tua, anak jadi tidak akur. Kami menolak karena masih memikirkan nasib anak cucu kami," sebut salah satu Ibu-ibu peserta aksi damai.

Lebih lanjut, setelah berjalannya aksi damai beberapa waktu akhirnya disepakati dilakukannya pertemuan tertutup antara perwakilan warga dengan Lurah Sungailiat, Ridwan.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com