• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Andalkan 1 SPAM, UPT PAM Basel Alirkan Air Pelanggan Bergantian

Senin, 04 November 2019 | 13:51 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Sumber air baku di lokasi Sistem Penyaluran Air Minum (SPAM) Jl Baher Toboali mengalami kekeringan dan kekurangan debit selama musim kemarau tahun 2019 berlangsung.

Kondisi tersebut membuat UPT PAM Kabupaten Bangka Selatan (Basel) terpaksa mengalirkan air pelanggan secara bergantian. Dimana sumber air baku itu diperoleh dari SPAM Rindik.

Kepala UPT PAM Basel Yudi Siswanto saat dikonfirmasi membenarkan suplai air untuk pelanggan saat ini hanya mengandalkan sumber air baku di SPAM Rindik. Sebab, SPAM Baher tidak beroperasi selama musim kemarau.

"Suplai air pelanggan kami gilirkan sesuai kondisi di lapangan. Terkadang bisa dua atau tiga kali sehari, soalnya SPAM Rindik juga diperbantukan untuk menyuplai air pelanggan dari SPAM Baher," ujarnya, Senin (4/11).

Kekeringan sumber air yang diakibatkan faktor alam membuat pihaknya tidak bisa berbuat banyak. Namun, kata Yudi mereka tetap berupaya memenuhi kebutuhan air pelanggan meski dilakukan secara bergantian.

"Sebenarnya ada dua unit mobil tangki kita untuk menyuplai air pelanggan. Tetapi satu unitnya tidak bisa digunakan karena sedang dalam perbaikan. Memang suplai air dengan mobil tangki ini gratis, tapi terbatas," ujarnya.

Keterbatasan suplai yang dimaksud hanya mengalirkan air ke kantor instansi, sekolah dan pelanggan PAM. Layanan mobil suplai air gratis ini sudah lama dilakukan sejak memasuki musim kemarau.

"Kalau untuk umber air yang digunakan untuk menyuplai air dengan menggunakan mobil tangki ini berasal dari SPAM Parit 9. Tetapi air tersebut sudah diolah terlebih dahulu sebelum dialirkan ke pelanggan," jelasnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com