• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Meski Gagal Panen 100 Hektare, Petani Desa Rias Tetap Gelar Sedekah Bumi

Jumat, 01 November 2019 | 15:28 WIB
Panen padi Desa Rias Toboali Bangka Selatan. Foto : Devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Hasil panen yang melimpah membuat petani di Desa Rias, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menggelar sedekah bumi sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Tak hanya sebagai rasa syukur, tradisi sedekah bumi digelar untuk memanjatkan doa agar penanaman padi selanjutnya diberikan keberkahan dan kembali sukses dalam hasil panennya kelak.

Ketua Gapoktan Sepakat Jaya Ariyanto mengatakan, kendati panen kali ini sekitar 100 ha tanaman padi gagal panen akibat kekeringan, sedekah bumi yang digelar di sela-sela petak sawah rutin dilakukan bila hasil panen dikatakan berhasil.

"Panen padi kali ini cukup memuaskan, walaupun ada yang gagal panen kurang lebih 100 hektare akibat kekeringan yang melanda pada bulan lalu," ungkapnya, Jumat (1/11) siang saat dikonfirmasi wartawan.

Beberapa ritual dilakukan untuk dalam acara sedekah bumi tradisi jawa tersebut. Yakni ada ritual bakar kemenyan, doa-doa, nasi tumpeng sampai tarian kuda lumping dari kesenian jaranan Turonggo Seto.

"Setelah panen kali ini, para petani akan melakukan pengelohan lahan lagi untuk ditanami padi kembali. Di bulan Oktober dan November petani fokus dalam mengelola lahan pasca panen," tambah Kepala DPPP Basel Suhadi.

Pada panen di Desa Rias kemarin menghasilkan kurang lebih 48 ribu ton padi yang sudah disalurkan sebagian besar di wilayah Provinsi Babel. Selebihnya ada juga di bawa keluar daerah Babel.

"Proses penanaman padi akan dilakukan kembali pada beberapa bulan mendatang. Nanti kami akan memberikan penangkar benih. Jadi 40 hektar kita berikan tanam untuk pembenihan atau penangkar benih," ungkapnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com