• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ribuan Pramuka Babel Peringati Hari Sumpah Pemuda di Perkemahan Wirakarya

Senin, 28 Oktober 2019 | 18:32 WIB
Pramuka Babel. Foto : ist
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Perkemahan Wirakarya Daerah (PWD) III Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tahun 2019 tak hanya menjadi ajang bakti masyarakat bagi ribuan pramuka penegak dan pandega se-Babel. Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda juga ikut dilaksanakan Senin (28/10) di Bumi Perkemahan Depati Amir, Desa Balunijuk, Bangka.

“Di tengah euforia perkemahan ini, kami ajak para peserta agar tidak melupakan sejarah perjuangan bangsa. Pramuka layaknya pemuda yang sedang berjuang menjadi generasi penerus bangsa, yang akan membawa ke arah mana negara ini maju berkembang. Tanggung jawab bangsa ini juga berada di tangan mereka, pramuka Indonesia,” ujar Andalan Urusan Bina Muda Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung, Rahmat.

Para peserta melaksanakan rangkaian upacara seperti biasa, yang diisi dengan ikrar Sumpah Pemuda. Selain itu, ada inisiasi yang dilakukan, yakni orasi sikap pramuka Babel dalam momentum sumpah pemuda. Para peserta satu suara agar tidak ada penindasan di tanah air, bangsa Indonesia adalah bangsa yang berkeadilan dan memiliki bahasa tanpa kebohongan.

"Orasi ini sebuah sikap yang menunjukkan kepedulian pramuka dengan Peringatan Sumpah Pemuda. Pramuka juga identik dengan pemuda, maka bisa dikatakan bahwa pramuka dan pemuda merupakan aset bangsa yang harus dijaga dan diarahkan agar menjadi manusia berkarakter dan berbudi luhur," tegas Rahmat.

Malam sebelumnya (27/10), peserta juga mengikuti Malam Sumpah Pemuda. Di sesi tersebut, mereka menyalakan api lilin renungan. Kegiatan sebagai wujud syukur, introspeksi atas apa yang telah dilakukan sebagai pemuda terhadap perjalanan Bangsa Indonesia.

"Harapannya, peserta Perkemahan Wirakarya Daerah bisa mengevaluasi diri agar menjadi sosok manusia yang berguna bagi nusa dan bangsa," imbuh Rahmat.

Pada Hari Sumpah Pemuda ini, peserta PWD III Babel juga melakukan senam bedincak di lapangan utama. Pramuka merasa ikut bertanggungjawab melestarikan Tarian yang menjadi budaya daerah ini. Caranya, tak lain dengan menari bedincak.

"Budaya daerah bagian dari keberagaman nasional. Ayo bedincak, dengan begitu kami pramuka sudah ikut melestarikan budaya tersebut," pungkas Rahmat.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com