• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Sedih, Nelayan Ini Alami Dampak Tambang Laut

Jumat, 11 Oktober 2019 | 17:08 WIB
Loading...
Klikbabel.com, Sungailiat - Semakin banyaknya bermunculan aktivitas penambangan laut di Perairan Kota Sungailiat khususnya dan Kabupaten Bangka pada umumnya, sangat berdampak terhadap hasil tangkapan para nelayan yang terbilang sedikit.
 
Salah satu nelayan, warga Kelurahan Matras yakni Syamsudin, misalnya, saat ini terpaksa mencari nafkah seadannya karena hasil tangkapan ikannya di laut menurun. "Teman-teman juga berniat menjual mesin perahunya untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka," jelasnya, Jumat (11/10/2019).
 
Hal tersebut dikarenakan banyak dari kalangan nelayan putus asa dan tidak sanggup lagi mengeluarkan biaya operasi untuk pergi melaut.
 
Udin menilai, keinginan para nelayan menjual mesin perahunya tersebut, dikarenakan hasil tangkapan ketika melaut jauh dari harapan mereka. "Hanya bisa sampai 4 ekor ikan jenis parang parang yang kita dapat biasanya. Ditambah biaya melaut sampai Rp100 ribuan. Bagaimana mau turun (melaut) pengeluaran yang dikeluarkan lebih tinggi," terangnya.
 
Ia juga mengutarakan, menurunnya hasil tangkapan nelayan juga disebabkan maraknya penambangan laut yang beroperasi diperairan laut Sungailiat.
 
Sementara itu, akibat penambangan laut dapat menyebabkan terumbu karang yang merupakan tempat ikan bertelur kini dipenuhi limbah lumpur. "Banyak nelayan terpaksa menempuh puluhan mil demi menangkap ikan. Sebelumnya kita biasanya sekitar 3 mil jarak dari pantai sudah lumayan mendapat tangkapan. Tapi sekarang ini kami melaut sangat jauh sekali," kata Udin.
 
Lebih lanjut, Nelayan asal Lingkungan Kualo ini berharap agar pemerintah daerah (pemda) dapat memikirkan hidup kalangan para nelayan yang mencari nafkah ditengah laut. "Ini (melaut) mata pencaharian kami. Kami sebagai nelayan juga mempunyai hak atas sumber daya yang ada di sini. Tolonglah kami," pungkasnya.
Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com