• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Awas Akun Facebook Haji Benu Minta Pulsa

Kamis, 10 Oktober 2019 | 12:11 WIB
Akun facebook Haji Benu. Foto : ist
Loading...

Klikbabel.com, Koba - Masyarakat Bangka Tengah (Bateng) maupun Provinsi Bangka Belitung (Babel) di imbau untuk tidak mengindahkan permintaan sejumlah uang berbentuk apapun dari Akun Facebook (Fb) Haji Benu.

Kabag Humas dan Protokoler Setda Bateng, Riyandi mengatakan akun Fb Haji Benu yang dikelola Bupati Bateng H Ibnu Saleh telah di copy oleh orang tak bertanggung jawab untuk meminta sejumlah uang dalam bentuk pulsa.

"Ada korban penipuannya, dia salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdomisili di Kecamatan Simpang Katis," kata Kabag Humas dan Protokoler Setda Bateng, Riyandi kepada awak media, Kamis (10/10).

Lanjutnya, akun Fb Haji Benu copy itu meminta melalui masengger, penipu itu menanyakan kabar lalu menceritakan Bupati Ibnu sedang umroh. Karena tidak ada pulsa untuk menelpon penting, jadi akun copyan ini minta pulsa sebesar Rp.200.000,-.

"Penipu itu juga mengatakan nanti akan diganti uang tersebut setelah Mbanking lancar," kata Riyandi.

Karena kurang yakin, cerita Riyandi akhirnya korban melaporkan ke Ajudan Bupati Ibnu terkait kebenaran dari masengger tersebut.

"Setelah di konfirmasi ke Bupati Ibnu, ternyata tidak benar dipastikan bahwa Fb tersebut copyan," ungkap Riyandi.

Lanjut Riyandi, akun Fb Haji Benu copy sudah mengetahui gerak geriknya terbaca oleh korban. Akhirnya akun Fb korban di blok, tidak bisa berkomunikasi lagi.

"Saat mau diajak komunikasi lagi, akun korban ternyata sudah di blok," ungkapnya.

Menyikapi hal ini, Riyandi akan segera berkoordinasi dengan pihak Polres Bateng, mencari keberadaan pengelolah Akun Fb Haji Benu copy tersebut.

"Perintah Bupati Ibnu, hal ini harus di selesaikan ke ranah hukum. Agar tidak terjadi penipuan dengan modus seperti ini lagi," katanya.

Selain melaporkan ke polisi, kata Riyandi bahwa pihak Pemda Bateng maupun ASN yang memiliki akun Fb diminta memposting imbauan agar tidak mengindahkan jika ada yang meminta sejumlah uang dalam bentuk apapun.

"Kita sudah bergerak cepat, semua sudah diminta mengimbau melalui medsos ataupun media massa. Jika ada korban lainnya, segera lapor ke Polisi. Ini sudah dipastikan penipuan," pungkasnya.

Loading...


Penulis  : Roni
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com