• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kecamatan Simpang Katis Akan Dijadikan Sentra Telur Puyuh di Bateng

Selasa, 08 Oktober 2019 | 14:41 WIB
Loading...

Klikbabel.com, Koba - Budidaya burung puyuh Desa Sungkap mendapat dukungan dari Pemerintah Kecamatan Simpang Katis. Hal demikian dilakukan guna merangsang masyarakat setempat agar giat beternak burung puyuh.

Perlu di ketahui bersama, bahwa telur burung puyuh sekarang masih diminati oleh masyarakat sebagai bahan lauk pauk penambah protein tubuh. Maka dari itu, Camat Simpang Katis, Roy Haris menyempatkan dirinya berkunjung ke Desa Sungkap guna mengetahui cara budidaya burung puyuh.

"Saya tadi berkunjung ke tempat budidaya burung puyuh Desa Sungkap. Hasilnya memuaskan, kelihatannya bisa dilakukan oleh semua kalangan masyarakat," kata Roy kepada Klikbabel.com, Selasa (8/10).

Pada kesempatan ini, Roy mengatensikan pemerintahan desa se Kecamatan Simpang Katis untuk berkunjung ke Desa Sungkap dan tahun 2020 menganggarkan kegiatan budidaya burung puyuh melalui program Bersama Membangun Ekonomi (Besame) Rakyat Bateng.

"Kita persilahkan pemerintahan desa menganggarkan melalui dana desanya. Berdayakan kelompok masyarakat desa masing-masing untuk beternak burung puyuh ini," kata Roy.

Roy menginginkan Kecamatan Simpang Katis memiliki keunggulan tersendiri di bidang peternakan. Jika hasil produksi ataupun pembibitan burung puyuh terus meningkat, maka kedepan Kecamatan Simpang Katis ini menjadi sentral budidaya burung puyuh.

"Bagi masyarakat Bateng atau Provinsi Babel bahkan di luar Babel yang ingin belajar beternak burung puyuh, bisa datang ke Kecamatan Simpang Katis. Hal kecil ini harus dimulai dari sekarang. Kalau bukan sekarang, kapan lagi," ujarnya.

Menurut dia, budidaya burung puyuh tidak terlalu sulit, bisa sambil berkebun. "Tidak menganggu aktivitas kita berkebun. Kalau sudah beri pakan, bersihkan kandang burung puyuh pagi hari sambil memungut telur puyuh. Selanjutnya, kita bisa ke kebun, nyadap karet, memberikan pupuk tanaman kebun hingga membersihkan rumput di kebun. Pulang dari kebun, beri makan lagi burung puyuhnya," ulas Roy.

Melihat potensi yang mampu meningkatkan ekonomi rakyat tersebut, Roy akan terus mendorong hingga keunggulan ini tercapai. Salah satu dukungan yang dilakukannya, yakni mencari penampung telur puyuh hingga ke luar Provinsi Bangka Belitung.

"Kita carikan juga penampung telur puyuh. Jadi, mereka beternak ini sudah pasti ada yang membeli dengan skala besar," ungkapnya.

Selain itu, Roy juga akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk selalu memberikan pembinaan di bidang peternakan dan bidang perdagangan.

"Kita juga akan berkoordinasi terus dengan instansi terkait lainnya dalam menggapai keunggulan ini," pungkasnya.

Loading...


Penulis  : Roni
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com