• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Percepat Penanganan Darurat, POS PSC 119 Puding Diresmikan

Jumat, 04 Oktober 2019 | 20:13 WIB
Peresmian POS PSC 119 Puding Besar.
Loading...

Klikbabel.com, Puding - Pemerintah Kabupaten Bangka membentuk POS Public Safety Center (PSC) 119 Sepintu Sedulang di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sjafrie Rachman Puding Besar, Jumat (4/10/2019). Pembentukan POS PSC 119 berfungsi mempercepat waktu penanganan kejadian darurat yang terjadi di wilayah Puding Besar dan sekitarnya.

Direktur Rumah Sakit Sjafrie Rachman, dr. Aditia menuturkan, jarak antara PSC 199 Sungailiat dengan Puding Besar yang jauh menyebabkan penanganan lambat. Selain itu jalur Puding-Bakam juga rawan terjadi kecelakaan sehingga memerlukan penanganan yang cepat, tepat dan cermat.

"Jarak dari PSC Sungailiat menuju Puding kurang lebih 35 km. Maka untuk memberikan terobosan terhadap penanganan yang cepat, maka pembentukan POS PSC di Puding sangat diperlukan," ujarnya.

Sejauh ini peranan dari PSC 119 sangat berdampak besar. Peranan tersebut dimanfaatkan masyarakan saat melihat kejadian kecelakaan atau keadaan darurat lainnya.

Sebelumnya POS PSC 119 juga telah dibangun di Kecamatan Belinyu. POS tersebut dibangun untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat wilayah Belinyu, Riau Silip dan sekitarnya.

Staf Ahli Bupati Bangka bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Surtam mengungkapkan sangat apresiasif atas pembentukan POS PSC 119 di Puding. Hal tersebut diungkapkannya untuk pelayanan kesehatan yang maksimal bagi masyarakat.

"Pembangunan ini telah direncanakan sejak tahun 2018 silam dan baru terlaksana di tahun 2019. Jadi tugas sekarang tinggal bagaimana cara mensosialisasikan kepada warga sekitar agar memahami fungsi dan memaksimalkan peran dari POS PSC 119 yang ada di Puding ini," ujar Surtam.

PSC 119 juga telah meraih berbagai penghargaan. Perhargaan tersebut diberikan atas kinerja dalam pelayanan kesehatan masyarakat yang diberikan. PSC 119 telah meraih top 99 dan top 35 sinovik pada tahun 2016 lalu.

Loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com