• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemkab Basel Targetkan 2.000 Nelayan Miliki Kusuka

Rabu, 02 Oktober 2019 | 19:31 WIB
Kepala DPPP Basel Suhadi. Foto : Devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Hingga akhir tahun 2019, DPPP Basel menargetkan 2.000 Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka) tercetak dan tersalurkan kepada masyarakat nelayan yang ada di daerah ini.
Dimana pada saat ini sudah tersalurkan 400 Kusuka.

"Untuk Kusuka yang kami proses sekitar 2.000. Sudah dicetak 400 kartu dan telah disalurkan. Sesuai ketentuan, Kusuka diterbitan oleh KKP atas usulan data base nelayan yang bersangkutan dari pemda," ujar Kepala DPPP Basel Suhadi, Rabu (2/10).

Dikatakan, petugas penyuluh lapangan (PPL) hanya melakukan pendataan dan penginputan data. Penerbitan Kusuka oleh pemerintah pusat atas usulan pemerintah daerah sesuai dengan data base nelayan. Sebab saat ini tidak semua bisa diterbitkan.

"Kusuka dibutuhkan untuk mendapatkan data base tunggal pelaku usaha kelautan dan perikanan. Yang dapat dimanfaatkan dalam menentukan kebijakan program KKP. Pemegang Kusuka tidak hanya bagi para nelayan," sebutnya.

Akan tetapi, sambung dia, semua pelaku usaha perikanan dan kelautan. Seperti budidaya ikan, petambak garam, pemasar ikan, pengolah ikan dan pengusaha jasa pengiriman hasil perikanan. Ia mengimbau bagi masyarakat yang ingin mendapatkan Kusuka bisa berkoordinasi dengan PPL.

"Atau datang ke dinas dengan membawa KTP, KK dan jenis usaha yang dilakukan.
Kami harap masyarakat bisa mengurus dan memberikan data yang akurat kepada penyuruh agar bisa diproses untuk di input dan di verivikasi," ujarnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com