• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kelekak Nusantara Bukit Mangkol Bateng Jadi Icon PRB Nasional

Rabu, 02 Oktober 2019 | 08:55 WIB
Loading...
Klikbabel.com, Pangkalanbaru - Kelekak Nusantara akan di tanami beragam pepohonan yang berasal dari 34 provinsi se Indonesia. Kelekak Nusantara sendiri merupakan aktivitas penanaman pohon di Bukit Mangkol perbatasan Desa Terak, Pedindang dan Air mesu, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng).
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik (BPB Kesbangpol) Bateng, Jauhari mengatakan Kelekak Nusantara merupakan bagian dari kegiatan Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) tahun 2019. 
 
"Event nasional ini terselenggara yang ke 8 kalinya. Kita Kabupaten Bateng merupakan wilayah yang menjadi aktivitas kegiatan tersebut," kata Jauhari, Rabu (2/10).
 
Lanjutnya, ada tiga rangkaian kegiatan akan dilaksanakan, yakni pertama aktivitas pembuatan Kelekak Nusantara yang diawali apel bersama di lapangan tembak Desa Terak. Setelah itu ribuan peserta kemudian berjalan kaki mendaki Bukit Mangkol sejauh 1 Km guna menanam pohon yang dibawa dari daerah masing-masing.
 
"Kedua, Jambore nasional di Pantai Desa Terentang Kecamatan Koba. Menggunakan tenda, mereka akan menginap selama 3 hari. Ditempat tersebut juga akan diselenggarakan pentas seni budaya, hiburan hingga pasar murah," kata Jauhari yang merupakan Panitia Penyelenggara kegiatan Bulan PRB Nasional tahun 2019 di Bateng.
 
Kegiatan ketiga, yakni ribuan peserta berasal dari 34 provinsi se Indonesia ini melaksanakan field trip ke 34 Desa se Bateng. Mereka akan mengeksplorasi semua yang ada di Desa, mulai dari kebudayaan, aktivitas keseharian hingga penanaman pohon di Desa tersebut.
 
"Beragam jenis pepohonan se Indonesia akan tumbuh di tanah Bateng. Kita patut mensyukuri adanya kegiatan ini," katanya.
 
Jauhari mengungkapkan adanya Kelekak Nusantara, kedepan sumber oksigen di Indonesia menjadi lebih banyak. Kelekak Nusantara Bukit Mangkol Bateng juga menjadi Icon PRB Nasional ke 8 tahun 2019.
 
"Adanya Kelekak Nusantara, Bateng juga menjadi bagian dari paru-paru dunia," ungkapnya.
 
Terkait persiapan, Jauhari menegaskan bahwa pihaknya sekarang fokus berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya.
 
"Kita juga tengah mempersiapkan lobang penanaman pohon di Bukit Mangkol. Lalu, mempersiapkan ratusan tenda yang menjadi tempat inap peserta Jambore. Kemudian menyosialisakan ke Kepala Desa untuk menyambut dengan baik kedatangan peserta PRB jika berkunjung ke desa mereka masing-masing," ungkap Jauhari sembari berharap agar kegiatan Bulan PRB Nasional tahun 2019 tanggal 11 hingga 13 Oktober 2019 di Bateng berjalan lancar dan sukses.
Loading...


Penulis  : Roni
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com