• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Targetkan Kembali Raih Piala Adipura, Pemkab Basel Buat & Sampaikan Dokumen Jakstrada

Senin, 30 September 2019 | 13:18 WIB
Kepala DPKPLH Basel Gatot Wibowo. Foto : Devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Pemkab Basel telah menyusun dokumen Kebijakan Strategi Daerah (Jakstrada) pengolahan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga yang tertuang dalam Perbup Nomor 51 Tahun 2018.

Kepala DPKPLH Basel Gatot Wibowo menjelaskan, dokumen Jakstrada itu telah disampaikan ke pemerintah pusat dengan tujuan dan berkemungkinan mendapatkan penilaian dalam program adipura tahun 2019.

"Dalam Jakstranas, diwajibkan seluruh provinsi dan kabupaten, membuat dan menyampaikan dokumen Jakstrada. Dari 480 lebih kabupetan atau kota, baru sekitar 360 an yang menyampaikan," jelasnya, Senin (30/9).

Untungnya, Pemkab Basel telah membuat dan menyampaikan dokumen Jakstrada. Sebab, daerah yang tidak membuat dan menyampaikan dokumen Jakstrada tidak akan masuk dalam penilaian adipura.

"Jakstrada kita sudah sampaikan dan dikumpulkan ke kementerian. Mereka akan evaluasi, review kembali isi dokumen itu. Dan kita diwajibkan membuat laporan melalui email sesuai dengan perencanaan dalam Jakstrada," sebutnya.

Seperti kegiatan apa saja yang dilakukan untuk pengurangan dan penimbunan sampah. Setelah mereka menerima, mereview dan mempelajari dokumen jakstrada, lalu dilakukan verifikasi data yang disampaikan.

"Artinya benar atau tidak laporan yang kita sampaikan. Kalau ada yang tidak sesuai, level penilaian kita akan turun untuk mendapatkan piala adipura. Kita optimis piala adipura dapat kita raih kembali," pungkasnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com