• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pers Babel Kutuk Keras Intimidasi Aparat Terhadap Wartawan

Senin, 30 September 2019 | 14:54 WIB
Jurnalis Bangka Belitung menggelar aksi protes terkait intimidasi yang diterima wartawan dibeberapa daerah. Foto : ist
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Puluhan jurnalis yang tergabung dalam Pers Babel Bersatu menggelar aksi simpatik terkait dugaan kekerasan terhadap pers di beberapa daerah saat melakukan peliputan demontrasi penolakan sejumlah RUU Kontroversial.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Babel, M. Faturakhman menyampaikan lima poin yang menjadi pernyataan sikap dihadapan Kapolda Babel.

Klik Juga : Ribuan Mahasiswa 'Duduki' DPRD Babel Terkait RKUHP

"Poin pertama, mendukung penegakkan hukum atas pelanggaran atau kekerasan terhadap pers, kedua yakni mengedepankan UU Pers dalam penyelesaian kekerasan terhadap jurnalis," pinta Boy-biasa disapa dalam orasinya di depan rumah dinas walikota Pangkalpinang, Senin (30/9).

Sedangkan poin ketiga meminta komitmen dan jaminan keselamatan insan pers dalam melakukan profesi peliputan, khususnya di Babel yang dilindungi oleh UU Pers Nomor. 40 Tahun 1999. Poin keempat, menyerukan kepada media dan jurnalis melaksanakan kode etik jurnalistik dalam menjalankan profesinya. "Dan kelima, meminta masyarakat dari semua kalangan untuk taat UU Pers, termasuk upaya penyelesaian sengketa jurnalistik," kata dia.

Sementara, Teddy Malaka dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Babel menegaskan, mengutuk keras berbagai intimidasi yang dilakukan aparat terhadap wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik jangan lagi ada intimidasi terhadap wartawan di lapangan. Menurut Teddy, berbagai intimidasi dan kriminalisasi terjadi terhadap wartawan di lapangan. "Untuk itu kami minta Pak Kapolda mengambil sikap jangan ada lagi intimidasi dan kriminilisasi terhadap wartawan," tegasnnya.

Menanggapi pernyataan sikap tersebut, Kapolda Babel Brigjen (Pol) Istiono memberikan apresiasi kepada para jurnalis yang telah menyampaikan aspirasinya dengan baik dan tertib. Kapolda menjelaskan, pihaknya akan menyerap dan menampung pernyataan sikap yang telah disampaikan tersebut dengan mengedepankan UU Pers.

Selain itu, kapolda juga menjamin keamanan para jurnalis dalam melakukan peliputan. Aksi tersebut diikuti oleh jurnalis yang tergabung didalam Persatuan Wartawan Indonesia(PWI) Perwakilan Babel, Forwaka Babel, IJTI Babel, dan HPI Perwakilan Babel.

 

 

 

Loading...


Penulis  : Septi. A
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com