• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kasus 40 Ton Arhet Paling Menonjol, Kerugian Negara Rp1,5 Miliar

Sabtu, 28 September 2019 | 14:24 WIB
Konferensi pers Polres Babar terkait penanganan kasus. Foto : Ira/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Muntok - Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan AS mengatakan selama triwulan III tahun 2019, Polres Bangka Barat berhasil mengungkap 37 kasus. Mulai dari kasus curanmor, curat, ilegal mining, anirat, narkoba, kekerasan dalam rumah tangga sampai kasus pencabulan.

Hal itu disampaikan oleh Kapolres Babar, M. Adenan saat menggelar Konferensi Pers Ungkap Kasus Triwulam III di Gedung Catur Prasetya, Polres Babar.

"Hari ini kami melakukan gelar perkara tindak pidana curat, curas, narkotika Triwulan III. Ada 37 kasus yang kami ungkap selama triwulan tersebut," kata Adenan.

Kapolres menjelaskan ada beberapa kasus yang menonjol dari 37 kasus yang berhasil diungkap Polres Babar.

"Secara keseluruhan ada 37 kasus yang berhasil kita tangani. Diantaranya ada kasus yang menonjol, curat yang bisa kita ungkap yaitu terkait barang bukti Arhet (timah bersih dross) 40 ton, ini kerugian sekitar 1,5 milyar, ini ada beberapa tersangka dengan barang bukti dua karung berisi pasir mengandung material timah," jelas Adenan.

Kapolres melanjutkan penambangan ilegal yang dilakukan tiga tersangka di Hutan Gunung Menumbing juga menjadi kasus paling menonjol yang mana ketiga tersangka tersebut berhasil diamankan oleh tim gabungan. Selain itu, kasus menonjol lainnya adalah kasus curanmor dengan barang bukti enam sepeda motor.

Kasus Narkoba, kata Adenan merupakan kasus dengan tersangka yang paling banyak. Jumlah tindak pidana narkoba pada triwulan III sebanyak 10 kasus, masih dalam proses penyelidikan, sidik tahap I.

"Jumlah tersangkanya sebanyak 14 orang yang tadi malam adalah hasil pengembangan, ada beberapa yang kita amankan walaupun jumlahnya memang kecil tapi banyak karena dia sedikit - sedikit berapa bungkus plastik jadi nggak langsung banyak,"  pungkas Kapolres.

Dalam konferensi pers ungkap kasus Triwulan III, Polres Bangka Barat menghadirkan 12 tersangka dengan sejumlah barang bukti dan juga dihadiri oleh Wakapolres Babar, Kompol Joko Triyono, Kasat Reskrim, AKP Rais Muin, Kasat Narkoba Iptu Umar Dani, Kapolsek Tempilang, IPTU Ruben Isaak dan Kapolsek Muntok, AKP Alfian Ali.

Loading...


Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com