• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


3 Hektare Lahan Gambut Tanjungpura Terbakar

Senin, 23 September 2019 | 19:29 WIB
Upaya pemadaman api yang dilakukan di lahan gambut Desa Tanjungpura Bangka Tengah. Foto : Roni/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungaiselan - Mendapatkan laporan terjadi kebakaran hutan gambut di Desa Tanjung Pura, Bupati Bangka Tengah (Bateng), H Ibnu Saleh mendatangi langsung lokasi kebakaran tersebut.

Senin (23/9) sekitar pukul 11.30 Wib, Bupati Ibnu datang langsung ke lokasi bersama Camat Sungaiselan, Kapolsek Sungaiselan, Tim Reaksi Cepat (TRC) Bateng, Petugas pemadam kebakaran, Satpol PP Bateng, Aparat Desa Tanjung Pura dan masyarakat setempat.

"Tadi kami sama pihak kepolisian ke lokasi. Kami melihat sisa-sisa api masih ada di lahan gambut Desa Tanjung Pura. Sisa api tersebut alhamdulillah sudah kita padamkan," kata Ibnu.

Ibnu mengungkapkan lahan gambut yang terbakar itu lebih dari 3 hektar. Pihaknya terus melakukan pemantauan, agar tidak terjadi lagi kebakaran di lahan gambut tersebut.

"Lahan gambut Tanjung Pura merupakan kawasan hutan lindung, harus kita jaga kelestariannya," kata Ibnu.

Ibnu mengajak masyarakat berpartisipasi menjaga kawasan hutan gambut, lalu melaporkan segera jika terjadi kebakaran. Pada kesempatan ini, Bupati Ibnu berterimakasih kepada pihak jepolisian, TNI dan masyarakat yang berpartisipasi memadamkan api di lahan gambut Tanjung Pura.

"Kami ucapkan terimakasih banyak kepada pihak terkait telah berpartipasi memadamkan api di lahan gambut hingga hari ini," pungkasnya.

Kapolsek Sungaiselan, Iptu Mulya Sugiharto mengakui pihaknya telah menyelidiki lebih lanjut atas peristiwa terjadinya kebakaran hutan gambut di Desa Tanjung Pura Kecamatan Sungaiselan.

"Sekarang kita masih selidiki penyebab terjadinya kebakaran hutan gambut tersebut," kata Iptu Mulya.

Iptu Mulya belum bisa memastikan apakah ada unsur kesengajaan, atau tidak. Namun yang jelas, pihaknya lagi mengumpulkan Keterangan saksi-saksi dan bukti.

Karena hutan gambut Tanjung Pura merupakan kawasan Hutan Lindung, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Instansi terkait guna menyelidiki dan mencegah terjadinya pembukaan lahan dengan cara membakar oleh oknum tidak bertanggung jawab saat ini maupun kedepan.

Saat disindir metode pemadaman api telah dilakukan pihak kepolisian pada lahan gambut tersebut Iptu Mulya mengaku pihaknya dua hari belakang bersama Pemda Bateng memadamkan api dilahan gambut dengan dua metode penyiraman.

"Pertama memperbesar lobang pada lahan yang mengeluarkan asap lalu menyedot air disekitar menggunakan mesin robin dan memasukan air menggunakan selang ke lobang tersebut hingga tidak lagi mengeluarkan asap serta sumber api dari bawah lahan gambut. Lalu kedua, kita membawa air dengan tagmon lalu memasang mengaliri air itu menggunakan selang dan menyiramkannya ke titik api yang berada di atas permukaan lahan gambut," ungkap Iptu Mulya Panjang lebar.

Hari ini, api sudah mulai padam, hanya saja masih terdapat sisa-sisa dibagian bawah gambut. "Sisa-sisa itu sudah kita padamkan juga hingga menjelang malam. Mudah-mudahan tidak terjadi kebakaran lagi," harap Iptu Mulya.

Loading...


Penulis  : Roni
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com