• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Belitung Percepat Program Pukat

Sabtu, 21 September 2019 | 06:59 WIB
Wabup Belitung Isyak Meirobie mengecek ketersediaan air warga. Foto : ist
Loading...

Klikbabel.com, Tanjungpandan - Musim kemarau panjang yang sedang terjadi membuat beberapa daerah mengalami kekeringan. Untuk mengatasi hal ini pemerintah Kabupaten Belitung berencana mempercepat peluncuran Program Air Bersih Untuk Masyarakat (PUKAT).

Program PUKAT ini sejatinya baru akan diluncurkan pada tahun 2020. Namun karena kebutuhan masyarakat akan air bersih sangat mendesak, membuat program inovatif ini harus diluncurkan lebih awal.

"Harusnya kita launching di 2020, tapi karena melihat musim kemarau yang panjang, masyarakat juga butuh sekali. Kita hadir disini untuk bisa mempersiapkan percepatan launching," ungkap Wakil Bupati Isyak Meirobie dikutip dari belitungkab.go.id, Sabtu (21/09/2019).

SPAM Desa Sungai Padang sendiri memiliki kapasitas 2,5 liter/detik. Kapasitas ini diyakini mampu mengaliri hingga 200 rumah. Saat ini SPAM di Desa Sungai Padang baru mengaliri ke 80 rumah warga. 

Wakil Bupati berharap program ini dapat diluncurkan di Desa Sungai Padang paling lambat pada pertengahan bulan Oktober. Beberapa SPAM di desa lain yang diduga bermasalah juga akan difungsikan guna mendukung penyediaan air bersih ke masyarakat Belitung.

Untuk mengatasi distribusi air ke warga yang belum memiliki aliran SPAM, Pemkab Belitung berencana menambahkan titik hidran. Hidran ini nantinya akan ditempatkan pada fasilitas umum seperti masjid dan rumah ketua RT di lingkungan Desa Sungai Padang.

"Nanti prioritasnya di fasilitas umum, kayak mesjid, rumah pak RT kita buat hidran umum. Jadi orang-orang ngambil ke situ aja nanti," ujar Ibnu Sofyan selaku  Kepala UPT PAM Dinas PUPR Kabupaten Belitung.
 

Loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : belitungkab.go.id