• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Desa se Basel Akan Punya Tempat Pembuangan Akhir

Rabu, 18 September 2019 | 20:13 WIB
Kepala DPKPLH Basel Gatot Wibowo. Foto : Devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Pemkab Basel akan membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) pada masing-masing desa yang ada di daerah ini. Pasalnya, penilaian terhadap lingkup kebersihan untuk Piala Adipura tahun ini mencakup seluruh wilayah yang ada di kabupaten. 

"Untuk adipura tahun ini ada sedikit perbedaan. Kalau dulu kan khusus kota, sekarang adipura tahun ini kabupaten, lingkupnya itu. Walaupun pusatnya tetap di kota," ujar Kepala DPKPLH Basel Gatot Wibowo, Rabu (18/9) kepada wartawan. 

Pembangunan satu TPA setiap desa di Basel tersebut telah sesuai dengan program Adipura. Minimal, masing-masing kecamatan memiliki TPA sendiri. Dia mencontohkan seperti Desa Payung dengan mempersiapkan lokasi seluas 9 ha. 

"Lahan seluas sembilan hektare itu untuk bangun TPA, dan itu sudah kita ajukan. Tapi memang ketersediaan anggaran ini memang sangat terbatas. Paling bertahap bangunnya. Tapi untuk pengolahan PDU ini sudah ada di beberapa desa," katanya. 

Akan tetapi, mulai tahun ini akan dibangun secara bertahap TPA atau Pusat Daur Ulang (PDU). Misalnya, melalui DAK bidang lingkungan, rencananya tahun ini akan dibangun bank sampah atau PDU di Desa Tukak, Kecamatan Tukaksadai.

"Tahun kemarin dari dana provinsi di Desa Permis, dibangun TPS3R. Memang idealnya setiap kecamatan itu memiliki TPA untuk menangani semua permasalahan sampah. Tapi kembali lagi ke anggaran tadi. Kalau APBD tidak mencukupi," jelsanya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com