• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ada Tersangka Baru di Tipikor Makan Minum Basel, Siapa?

Rabu, 18 September 2019 | 16:27 WIB
Kajari Basel Safrianto Zuriat Putra (tengah) saat memimpin konfers soal kasus Mamin Setda Basel 2017. Foto : Devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Perkembangan penanganan perkara Tipikor Makan Minum Setda Basel TA 2017 kini menemui babak baru. Pasalnya, pada tanggal 5 September 2019, Kejari Basel kembali menetapkan tersangka baru untuk kasus Mamin dengan inisial YW. 

Kapasitas tersangka YW dalam perkara tersebut ialah sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Demikian disampaikan Kajari Safrianto Zuriat Putra didampingi Kasis Pidsus Mgs Rudy Apriansyah dan Kasi Intel Dodi P Purba. 

"Jadi perbuatan tersangka YW ini selaku PPK untuk Mamin anggaran 2107 bersama ketiga orang terpidana. Yang sudah dijatuhi vonis oleh Majelis Hakim PN Tipikor Pangkalpinang," ujar Kajari Safrianto Zuriat Putra, Rabu (18/9).

Saat ini, penyidik Kejari sedang melakukan penyidikan sehingga pihaknya masih menunggu hasil perkembangan penyidikan dan pendapat dari tim jaksa penyidik. Dan belum ada upaya paksa terhadap yang bersangkutan untuk dilakukan penahanan. 

"Nanti kita lihat perkembangan penyidikan kedepan seperti apa. Kerugian keuangan Negara mengacu dengan ahli dari BPKP, sama seperti tahun kemarin. Tapi untuk kerugian itu sudah ada pengembalian dan sudah disetor ke kas daerah," ujarnya. 

"Peran si YW ini sebagai PPK sebagaimana kewenangan yang dimilikinya sebagai pengendali kegiatan Mamin. Dia ditetapkan tersangka berdasarkan alat bukti, sudah diterima dan diperoleh oleh penyidik berupa keterangan saksi, surat, ahli dan petunjuk," terangnya. 

Kajari menambahkan, untuk faktor-faktor keterangan itu akan disampaikan pada saat persidangan. Ditanya mengapa tersangka YW tidak ditetapkan bersamaan dengan ketiga terpidana, dia mengatakan, pada saat itu pihaknya sedang membuat strategi penyidikan.

"Saat itu keterangan YW dibutuhkan sebagai saksi. Meski jaksa penyidik sudah menemukan alat bukti. Yang bersangkutan dapat dimintai pertanggungjawaban pidana, tapi kami membuat strategi penyidikan terlebih dahulu untuk pembuktian pada tiga tersangka yang sudah ditetapkan terlebih dahulu," jelasnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com