• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Tipikor APBDes, Kejari Basel Beri Pembinaan Dahulu

Jumat, 13 September 2019 | 14:10 WIB
Penandatangan kerjasama 50 desa dan Dinsos P3A dan PMD dengan Kejari Basel. Foto : Devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Airgegas - Sebanyak 50 Pemerintah Desa di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) melakukan penandatanganan perpanjangan kesepakatan bersama dengan Kejaksaan Negari (Kejari), Jumat (13/9) pagi di Balai Pertemuan Desa Bencah.

Selain Pemdes, Dinsos P3A dan PMD Basel juga melakukan penandatanganan perpanjangan kerjasama dengan Kejari tentang bantuan hukum, pelayanan hukum, dan pertimbangan hukum berupa pendapat hukum (legal opinion). Pendampingan hukum (legal assistance) dan audit hukum (legal audit) kepada Pemdes se Basel.

Kajari Safrianto Zuriat Putra mengatakan kegiatan itu dilakukan agar para kades dapat menyelenggarakan pemerintahan yang baik dalam pelaksanaan pembangunan.

"Sehingga berjalan baik, tepat sasaran dan tidak ada penyimpangan sesuai aturan dalam perundang-undangan. Dan pelaksanaan pembangunan di desa juga dapat dilaksanakan secara baik sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya," ujarnya.

Bilamana masih ada indikasi dugaan tipikor pada APBDes, pihaknya akan melakukan pembinaan terlebih dahulu, diperbaiki dan diberikan saran untuk perubahan. Namun bila berulang masih terjadi penyalahgunaan, maka akan dilakukan penindakan.

"Untuk pembinaan itu kita lihat progres di lapangan. Setiap kita ke desa itu dengan prorgam pelayanan hukum keliling gratis kita berikan pemahaman undang-undang terkait penyelenggaraan pemerintahan. Dan pelaksanaan pembangunan," ujarnya.

Selain itu, dalam pelaksanaan pembangunan seperti pengadaan barang dan jasa. Dimulai darimana, prosedurnya seperti apa, tahapannya bagaimana hingga saat memulai pembangunan. Didampingi sampai ada laporan pertanggungjawaban.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com