• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Selain Tunggu Hasil Evaluasi Pemprov Babel, Ini Persiapan Pemkab Basel untuk 9 OPD Baru

Kamis, 12 September 2019 | 20:30 WIB
Plh Sekda Basel Agus Pratomo. Foto : devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Rencana lima OPD di lingkungan Pemkab Basel dipecah menjadi sembilan instansi telah disampaikan Pemkab Basel ke Pemprov Babel untuk dievaluasi oleh Gubernur Erzaldi Roesman melalui bidang yang menanganinya.

Agar OPD baru itu dapat berjalan optimal,
tentunya Pemkab Basel sudah melakukan sejumlah persiapan. Persiapannya mulai dari menginventarisir para ASN untuk ditempatkan di sembilan OPD tersebut hingga gedung yang akan digunakan.

"Untuk kebutuhan pegawai, saya kira cukup dengan merotasinya. Pegawai yang ada inilah akan dipecah-pecah kembali. Misal Dinsos dipecah menjadi Dinas Pemdes, yang orang-orang di pemdes akan kita tempatkan di situ," sebut Plh Sekda Basel Agus Pratomo, Kamis (12/9).

Dari segi tempat, Agus menilai gedung yang dimiliki Pemkab Basel saat ini masih banyak yang kosong. Jadi bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh sembilan OPD baru nantinya. Apakah OPD baru itu sudah bisa berjalan atau tidak tahun 2020, dia belum bisa memastikan.

"Karena didukung dengan ketersediaan anggaran. Apalagi APBD 2020 belum kita susun untuk OPD yang baru. Kita tunggu saja sampai tahun depan, setelah dievaluasi, baru kita akan menyesuaikan dengan kebutuhan. Walaupun OPD baru itu sudah disetujui dan disahkan," sebut dia.

Disamping itu, berbicara soal optimal atau tidak jalannya OPD baru dengan kondisi saat ini masih banyak kursi Kepala OPD yang dijabat Plt dan Plh, Agus mengatakan apa yang disampaikan Sekretaris BKD ke media kemarin sudah menjelaskan.

"Sekarang pun, dengan dirangkap, dijabat (beberapa OPD oleh Plt) dalam arti kata semuanya berjalan, tidak ada hambatan. Kemarin dicontohkan, saya selaku Plh Sekda dan Kepala Bakuda. Di sini jalan, di sana juga jalan. Kita serahkan kebijakannya kepada kepala daerah," tambah dia.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com