• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


PT Timah Pamerkan Cual, Pewter dan Akar Bahar di Kerajinan Nusantara Kriyanusa

Kamis, 12 September 2019 | 18:25 WIB
Stand PT Timah pada Pameran Kriyanusa 2019. Foto : dok PT Timah
Loading...

Klikbabel.com, Jakarta - PT Timah Tbk mengikuti Pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa 2019 yang dilaksanakan di Kartika Expo Balai Sarbini, Jakarta. Industri kerajinan kreatif mitra binaan PT Timah seperti kerajinan Pewter, Akar Bahar, Rajutan dan Kain Cual ikut serta dalam pameran yang digelar dari tanggal 11 - 15 September 2019 itu.

Pameran Kriyanusa itu dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan istri wakil Presiden Ibu Mufidah Yusuf Kalla beserta Istri-istri menteri kabinet kerja yang tergabung dalam Organisasi Solidaritas Kabinet Kerja (OASE Kabinet Kerja).

"Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreatifitas dan Kewirausahaan" menjadi tema tahun ini. Tema ini diterapkan karena produk-produk Indonesia akan bersaing ditingkat global dengan produk-produk kerajinan dari negara Asean seperti Thailand dan Vietnam.

Ketua Umum Dekranas Mufidah Jusuf Kalla mengungkapkan Dekranas dan Dekranasda bersama instansi terkait telah melakukan beberapa upaya pembinaan dan pengembangan produk kerajinan dengan tujuan untuk meningkatkan daya saingnya.

“Hasilnya akan ditampilkan pada Pameran Kriyanusa 2019 ini,” kata Mufidah.

Menurutnya, industri kerajinan merupakan bagian dari ekonomi kreatif yang pertumbuhannya sangat cepat serta berkembang di seluruh pelosok Tanah Air dari skala mikro, kecil, hingga skala menengah. Industri kerajinan juga memiliki peranan yang cukup strategis dalam perekonomian nasional yang secara historis sangat lekat dengan keseharian kehidupan rakyat Indonesia.

“Oleh sebab itu, produk kerajinan bisa menjadi andalan mata pencaharian, terutama dengan pemanfaatan sumber daya setempat dan pengembangan kreatif lokal,” ujar Ibu Mufidah.

Dengan diadakannya Pameran Kriyanusa 2019, Ibu Mufidah berharap produk kerajinan semakin maju sehingga dapat menembus pasar global yang lebih besar lagi. Ia pun menyampaikan apresiasinya bagi seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam pameran tersebut.

“Pada kesempatan yang baik ini kami menyampaikan terima kasih kepada para pengurus Dekranas, Dekranasda, dan para mitra Dekranas yang telah ikut berpartisipasi pada pembinaan dan pengembangan produk kerajinan nusantara,” imbuhnya.
 

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com