• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bupati Mulkan sampaikan Petisi Penolakan KIP di Rebo ke Gubernur Babel

Kamis, 12 September 2019 | 13:53 WIB
Bupati Bangka, Mulkan saat diwawancarai awak media Ramandha/Klikbabel.com)
Loading...
Klikbabel.com, Sungailiat - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka telah melayangkan petisi penolakan operasi Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Pantai Rebo oleh Himpunan Nelayan Desa Rebo kepada Gubernur Provinsi Bangka Belitung (Babel).
 
Bupati Bangka, Mulkan mengatakan, kewenangan atas petisi penolakan operasi KIP yang disampaikan masyarakat nelayan Desa Rebo tersebut memang berada ditingkat Provinsi Babel.
 
Pemkab Bangka sendiri, hanya dapat menampung masukan-masukan serta aspirasi dari masyarakat daerah. "Kita pemerintah daerah hanya bisa menjaring semua aspirasi. Kewenangannya ada Gubernur lah nanti yang akan mengkaji sejauh mana aspirasi yang disampaikan masyarakat ini," jelasnya, Kamis (12/9/2019).
 
Pihaknya sampai sekarang sudah mendengar, mencatat dan menampung semua aspirasi yang disampaikan masyarakat Rebo yang menolak keras operasi KIP.
 
Dirinya juga mengaku, dengan keputusan yang berada di tingkat provinsi, tidak dapat memastikan apakah petisi yang disampaikan masyarakat terkait operasi KIP akan ditindaklanjuti oleh pemerintah provinsi. "Kita sudah menanggapi dan menjaring semua aspirasi masyarakat yang disampaikan. Namun, kita kembali kepada kewenangan di Pak Gubernur yang akan menentukan langkah apa yang diambil atas aspirasi masyarakat Rebo," ucapnya.
 
Mulkan menyampaikan, sebelumnya telah terjadi gejolak di masyarakat terhadap penolakan KIP ini, sehingga membuat petisi yang telah disampaikan seharusnya dapat dengan cepat disikapi oleh pemerintah provinsi. 
 
Hingga saat ini, dikatakannya, Pemkab Bangka masih menunggu jawaban dari provinsi terkait langkah apa yang akan diambil atas petisi yang disampaikan masyarakat.
"Pemerintah daerah sudah melakukan langkah preventif dan menyampaikan petisi yang dimaksud. Kedepan Pak Gubernur yang akan mengambil langkah apa yang diambil. Apa itu berdialog dengan masyarakat atau melakukan pendekatan persuasif lainnya," tutup Bupati.
Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com