• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


TPA Kepoh Dapat Bantuan Kementerian Rp11 M, Ini Fasilitas yang Akan Dibangun

Rabu, 11 September 2019 | 08:34 WIB
Kepala DPKPLH Basel Gatot Wibowo. Foto : Devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) milik Kabupaten Bangka Selatan (Basel) yang berada di Desa Kepoh, Toboali akan mendapatkan peningkatan pembangunan pada tahun 2020 sebesar Rp 11 miliar. Dengan lokasi seluas 4,9 ha yang telah dibebaskan oleh pemda.

Kepala DPKPLH Basel Gatot Wibowo mengatakan, syarat untuk mendukung realisasi peningkatan pembangunan TPA Kepoh dari anggaran Kementerian PUPR tersebut ialah harus memiliki sertifikasi tanah yang sudah clean dan clear.

"Tapi sertifikasi lahan itu sudah kita lakukan di BPN. Nanti kalau sertifikat itu sudah keluar akan kita sampaikan lagi ke kementerian sebagai bentuk upaya kita menyediakan lahan untuk peningkatan TPA itu. Sebagai syarat utamanya," ujarnya, Rabu (10/9).

Dengan anggaran Rp 11 miliar tersebut, TPA Kepoh akan dibangun fasilitas seperti fisik pembuatan kolam aktif untuk penampungan sampah, jembatan timbang dan alat pembersih untuk pencuci mobil. Digunakan pada waktu sampah selesai dituangkan sebelum pulang.

"Jadi mobil kebersihan itu disemprot dulu sebelum pulang selesai kerja di alat pembersih. Kemudian rencana ada kita minta untuk garasi kendaraan berat. Jadi semua fasilitas itu dibangun pada satu hamparan lokasi di dalam TPA itu," tambah dia.

Sedangkan jembatan timbang digunakan untuk menimbang sampah pada saat truck sampah masuk. Sehingga diketahui kubikasi timbunan sampah berapa banyak dalam satu harinya. Karena sementara ini sifatnya hanya bersifat estimasi saja.

"Sejauh ini hitungnya hanya bersifat estimasi. Dump truck dengan dimensi panjang, lebar dan tinggi berapa muatanya sekian. Tapi kalau ditimbang tahu kubikasinya berapa. Dari 11 miliar itu, fasilitas itu tadi yang kita usulkan. Kesesuaian mereka yang akan nilai," ujarnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com