• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bupati Ibnu Santuni Lansia Dipuncak Hari Lansia Ke-23

Rabu, 11 September 2019 | 10:37 WIB
Bupati Bangka Tengah (Bateng), H Ibnu Saleh ajak masyarakat Lanjut Usia (Lansia) agar Mandiri.
Loading...

Klikbabel.com, Koba - Bupati Bangka Tengah (Bateng), H Ibnu Saleh ajak masyarakat Lanjut Usia (Lansia) agar Mandiri. Kemandirian yang dimaksudkan, salah satunya rutin mengecek kesehatan tubuh dan mengatur pola makan.

Selain ajakan dikatakannya pada acara Puncak Hari Lansia Nasional ke 23, Selasa (10/9) di Gedung Serba Guna Kabupaten Bateng tersebut, Bupati Ibnu juga memberi motivasi kepada para Lansia.

Bupati Ibnu dalam sambutannya mengatakan kemandirian harus ditanamkan dalam diri masing-masing, karena yang segala sesuatu harus dari diri sendiri. Sementara keluarga, sifatnya mendukung apa yang diperbuat dalam kehidupan sehari-hari.

"Kalau kita sudah mandiri, maka anak maupun keluarga lainnya pasti akan mendukung segala sesuatu yang kita inginkan. Misalnya masalah kesehatan, secara mandiri harus rutin kita cek up ke petugas medis. Lalu pola makan, harus kita jaga sehingga kesehatan kitapun terjaga," kata Bupati Ibnu.

Terkait masalah kesehatan, Bupati Ibnu telah mengintruksikan Petugas medis di Puskesmas atau RSUD Bateng untuk mendahului para Lansia saat mengecek Kesehatan.

"Jika ada Lansia ingin chek up, saya minta petugas medis utamakan kebutuhannya apa. Periksa kesehatannya, berikan pelayanan yang ekstra kepada mereka," perintah Bupati Ibnu.

Masih masalah kesehatan juga, Bupati Ibnu menghimbau kepada para Lansia untuk memperbanyak makan sayur dan buah-buahan serta susu, artinya Pola makan memang harus di jaga teratur.

"Ingat Bapak, Ibu yanh hadir. Selama ini yang paling di khawatirkan kalau sudah berusia di atas 50 tahun masalah pada lambung atau pencernaan. Kita harus jaga lambung yang rawan terkena penyakit ini, sumber utamanya dari pola makan," katanya.

Selain menjaga pola makan, dengan banyak makan sayur, buah dan susu. Bupati Ibnu juga mengajak para Lansia untuk rajin berolahraga, dengan cara rajin-rajin pergi ke kebun. Jika ada yang perlu di rumput, harus di rumput dan badanpun terus bergerak.

"Olah raga kalau kita sudah tua ini, yakni ke kebun. Kita biasakan bergerak, lalu hibur diri kita dengan membangun kejiwaan yang tenang caranya melihat suasana kebun," katanya sembari menyebut hal yang paling penting, banyak bersyukur.

"Jangan lupa juga, ingat selalu kepada yang Maha Pencipta sembari menyebut Alhamdulillah," tambahnya sembari tersenyum.

Pada kesempatan ini, Bupati Ibnu mengucapkan terima kasih kepada ketua tim penyelenggara kegiatan yang telah menjalankan dengan baik jalannya kegiatan perayaan puncak hari lanjut usia nasional ke-23 tingkat Kabupaten Bateng.

"Terimakasih juga kepada para Lansia yang telah hadir pada kegiatan ini. Apa yang diberikan oleh kami semoga bermanfaat. Mudah-mudahan kita semua mendapat keberkahan dari kegiatan ini," katanya.

Kegiatan Puncak Hari Lansia ke 23 Tahun Bateng ini dihadiri Kepala Dinas Sosial Privinsi Babel, Danramil Koba, Ketua TP PKK Bateng, Ketya Dramawanita Bateng, Kepala OPD Bateng, Camat se Bateng, Kades/Lurah se Bateng dan 600 orang Lansia se Bateng.

Pada kesempatan itu, Bupati Ibnu menyerahkan bantuan sebesar Rp.720 juta untuk 600 orang lansia, masing-masing menerima santunan sebesar Rp. 1.200.000,-. Selain santunan, Bupati Ibnu juga memberikan 600 Sembako untuk 600 orang Lansia.

Selain memberikan santunan dan Sembako kepada Lansi. Pada acara itu, Bupati Ibnu juga melantik kepengurusan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Bateng. (ADV)

 

Loading...


Penulis  : Roni
Editor    : Zahrul
Sumber : klikbabel.com