• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Beltim Kekurangan 13 Ribu Penerangan Jalan

Rabu, 11 September 2019 | 09:37 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Manggar - Jumlah lampu jalan atau Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kabupaten Belitung Timur sangat kurang memadai. Idealnya setiap 50 meter jalan raya setidaknya ada satu unit PJU.

Hingga September 2019 ini di Kabupaten Beltim baru terdapat 2.216 unit PJU dengan 199 kwh. Padahal total jalan, baik jalan Negara, Provinsi maupun Kabupaten yang harus diterangi mencapai 750 kilometer, yang artinya membutuhkan total kurang lebih 15.000 unit PJU.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Beltim, Adlan Taufik melalui Kepala Bidang Lalu Lintas, Nur Ahsan mengakui jumlah ketersedian PJU masih belum mencukupi. Banyak area jalan yang masih gelap terutama yang berada jauh dari pemukiman.

“Malah kalau mau benar-benar ideal setidaknya kita harus mempunyai kurang lebih 28 ribu unit PJU, soalnya khusus di jalan Negara yang dua arah atau lebar seperti yang di Desa Padang itu butuh dua lampu setiap 50 meter,” kata Nur, Rabu (11/9).

Untuk mengatasi kekurangan unit PJU, Dinas Perhubungan hanya memasang PJU di setiap 100 meter. Pemasangan lampu jalan juga difokuskan di area pemukiman warga dan di rute jalan yang menikung atau berbahaya bagi keamanan pengendara.

“Yang kita utamakan itu di komplek perumahan warga, dan setiap tikungan atau jalan yang rawan kecelakaan. Tujuan diadakanyanya PJU memang untuk keamanan lalu lintas, keamanan lingkungan dan keindahan,” jelas Nur.

Didampingi Kepala Seksi Perlengkapan Jalan, Rully Irkhamsyah, Nur menambahkan akhir tahun 2019 ini Dinas Perhubungan akan kembali menambah 135 unit PJU baru. Lampu akan dipasang pada jalan Kabupaten yang baru dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

“Kita bertahap terus melakukan penambahan lampu, tiap tahun kita upayakan. Selain dari anggaran Kabupaten, Dinas Energi Provinsi juga ikut membantu penambahan PJU,” ungkap Nur.

 

Loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com