• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Banyak Kepala OPD Dijabat Plt & Plh, Rustam : Efektif dan Lancar Saja

Rabu, 11 September 2019 | 15:40 WIB
Sekretaris BKPSDMD Basel Rustam. Foto : Devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Banyaknya jabatan kepala OPD di Pemkab Basel yang dijabat oleh Plt maupun Plh, dianggap tidak menjadi persoalan yang besar oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD).

Kepala BKPSDMD Basel Sumadi melalui Sekretaris Rustam menjelaskan, kinerja OPD yang dipimpin oleh Plt maupun Plh sangat efektif sebagaimana tugas dan fungsinya. Karena Plt juga melaksanakan tugas-tugas keseharian dari kepala OPD.

"Plt memang ada kewenangan yang diberikan. Cuma memang tidak seluas jabatan definitif. Kalau menurut kami lancar saja (pejabat double job seperti Plh Sekda jabat Kepala Bakuda). Ada yang tumpang tindih, tapi administrasi berjalan dengan biasa," ujarnya, Rabu (11/9).

Karena menurut Rustam, pada masing-masing OPD yang kepalanya menjabat di instansi lain dapat di back up oleh bawahannya seperti sekretariat dan kepala bidang. Selain itu, pada jabatan sekretaris dan bidang hampir semuanya ada yang mengisi.

"Cuma paling di sekretaris Disdikbud yang masih kosong, mungkin belum di isi saja. Tapi rata-rata jabatan untuk admnistrator pengawas itu terisi semua, hampir semua. SDM kita kalau untuk jabatan kepala OPD rata-rata ada. Yang kurang itu dilevel untuk pelaksana," kata dia.

Bilamana mendapat rekomendasi dari KASN untuk membuka seleksi jabatan yang kosong tadi, anggaran yang akan digunakan telah disiapkan. Namun, belum diketahui berapa totalnya karena DPA APBD-P belum diterbitkan.

"Karena kemarin baru disetujui APBD-P. Tapi alokasi untuk seleksi jabatan sudah dianggarkan. Tapi kita tidak tahu rinci berapa total anggarannya, mekanismenya apa per OPD dibuka seleksi, atau sekaligus. Yang jelas kalau bisa sekaligus itu lebih efektif," ujarnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com