• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Serapan Dana Desa Babel Sangat Kecil

Selasa, 10 September 2019 | 15:03 WIB
Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa Bangka Belitung Yuliswan. Foto : Hairul/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa Bangka Belitung Yuliswan mengakui, serapan anggaran dana desa yang ada di Provinsi Babel sangatlah kecil. Hingga pencairan tahap kedua sekarang ini, serapan anggaran baru sebesar 40an persen.

"Ini tahap kedua se Babel pencairannya. Sekitar 40 lebih persen serapan anggaran. Sangat kecil," kata Yuliswan, Selasa (10/8).

Yuliswan menambahkan, total anggaran untuk 309 desa yang ada di Babel mencapai 309an miliar. "Mengatasi itu kami akan mengumpulkan para camat dan kades. Macetnya dimana. Apa karena administrasi yang belum lengkap atau dimana, kita belum tahu. Makanya nanti kita kumpulkan," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga akan bertemu dengan Kanwil Kebendaharaan, BPKP dan Dinas Kesehatan untuk membahas penggunaan dana desa. Dimana, pada penggunaan dana desa tahap tiga kata dia, Gubernur Babel secara khusus meminta untuk menganggarkan permasalahan stunting. Data stunting di tahun 2018 harus dilampirkan.

"Ini penting untuk penanganan stunting. Pak gubernur secara khusus meminta itu di tahap ketiga nanti," ucapnya.

Mengatasi serapan anggaran yang kecil, Yuliswan juga berharap pendamping desa maupun dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa di kabupaten dapat memberikan pendampingan.

"Solusinya kita minta bupati melalui DPMD Kabupaten instruksikan camat untuk segera sama-sama melakukan pemantauan," tutupnya.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com