• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Mulkan Ingin Bangka Jadi Naik Status Kabupaten Layak Anak Madya

Selasa, 10 September 2019 | 12:52 WIB
Bupati Bangka, Mulkan bersama tim auditor (Ramadhan/Klikbabel.com)
Loading...
Klikbabel.com, Sungailiat - Kegiatan auditor tentang standarisasi dan sertifikasi ruang bermain ramah anak mulai dilakukan. Auditor tersebut salah satunya akan berlangsung di Taman Kota Sungailiat. 
 
Susanti selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana Babel mengatakan, audit akan dilakukan selama empat hari ini dengan tujuan menembus penilaian terbaik dalam kabupaten layak anak.
 
Kabupaten Bangka sendiri, dikatakannya, merupakan salah satu kabupaten yang dinilai untuk kabupaten layak anak yang dilakukan dalam pembuktian dari upaya perwujudan. "Untuk kabupaten layak anak itu, adalah kabupaten yang dinilai telah memenuhi hak-hak anak di sana," jelasnya, Selasa (18/9/2019) dalam pertemuan di OR Bangka Setara, setda Bangka.
 
Susanti melanjutkan, peran semua pihak juga diperlukan dalam perwujudan hak-hak anak antara lain hak yang berkesinambungan dan berkelanjutan. "Kabupaten Bangka sebelumnya telah menerima penghargaan kabupaten layak anak tingkat pratama dan tahun depan kita tingkatkan, minimal jadi kabupaten layak anak tingkat madya," tuturnya.
 
Lebih lanjut, untuk penilaian ruang bermain anak tersebut, karena termasuk salah satu indikator penilaian yang setiap daerah dalam penguatannya dapat membuat Peraturan daerah (Perda) tersendiri tentang hak anak yang wajib mempunyai data anak, gugus anak, partisipasi lembaga anak, media massa, dan dunia usaha. "Keunggulan Bangka adalah dalam pencapaian KTP anak dengan capaian 95 persen serta pelayanan akta kelahiran online. Tapi, informasi layak anak harus dibenahi, forum komunikasi harus diaktifkan," terang Susanti.
 
Bupati Bangka, Mulkan, dikesempatan yang sama mengaku, dirinya telah meminta masukan kepada tim auditor apa yang harus diperbaiki terhadap ruang terbuka anak. Di Kabupaten Bangka ini, persiapan penilaian dilakukan dengan menyiapkan sarana prasarana. "Saya berharap kepada semua OPD (organisasi perangkat daerah), kita harus mendukung program pemerintah pusat, program pemerintah provinsi maupun program pemerintah daerah. Ini agar tempat bermain anak-anak kita sesuai kriteria," imbaunya.
 
Mulkan juga menginginkan, dukungan serta masukan dari auditor sehingga Kabupaten Bangka dalam ruang bermain anak mendapat hasil maksimal. "Kita harus perhatikan hak anak. Harus diperhatikan dengan sepenuhnya kebutuhan dari anak-anak," tutup Bupati.
Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com