• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Cegah Korupsi Dana Desa, Satreskrim Polres Basel Siap Bentuk Tim Satgas Tipikor

Selasa, 10 September 2019 | 09:58 WIB
Kasatreskrim Polres Basel AKP Daniel Albert Tampubolon. Foto : Devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Meski Pj Kades dan Sekdes Bangka Kota tahun 2017 telah mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 124 juta ke kas daerah atas kasus dugaan tipikor pada APBDes, menandakan bahwa penyelewengan dalam pemanfaatan dana desa di Basel masih saja terjadi.

 

Untuk itu, Satreskrim Polres Basel yang telah menangani kasus tersebut akan membentuk Tim Satgas Tipikor dengan langkah awal membangun komunikasi bersama pihak kejaksaan dan instansi terkait. Dengan sasaran, penggunaan anggaran negara. "Rencana dalam waktu dekat akan kita bentuk sebagai langkah asistensi, sosialisasi dan koreksi. Karena jika kita melihat daripada sisi SDM di desa itu tidak semua yang sesuai harapan dan undang-undang," ujar Kasatreskrim Polres Basel AKP Daniel Albert Tampubolon, Selasa (10/9).

Sehingga, kata Albert muncul ketakutan atau keraguan daripada aparatur desa itu sendiri untuk melaksanakan pembangunan karena SDM nya rendah sehingga menjadi kendala. Sedangkan dari pimpinan atas untuk melaksanakan pembangunan di desa.

"Makanya kita juga akan memanggil seluruh Kades, Inspektorat dan Dinsos untuk menyampaikan kepada mereka agar melakukan asistensi. Jadi desa yang sedang melakukan pembangunan di desa nya, kita buat jadwal kesepakatan bersama melalui program asistensi ini," katanya.

Untuk diketahui bersama, asistensi ini bukan sifatnya perintah, tetapi hanya sebagai saran dan masukan. Sebagai contoh, jika desa A dilakukan asistensi, tetapi hasil saran dan masukan daripada asistensi itu tidak dilaksanakan sehingga menimbulkan kerugian negara, Satreskrim akan lakukan proses penyelidikan.

"Langkah-langkah ini kita ambil sesuai amanah dari SKB yang ditandatangani oleh Polri, Kejagung dan Kemendes PDTT. Bahwa penanganan tipikor pada pembangunan infrastruktur dan pemanfaatan dana desa diupayakan melaksanakan pencegahan sejak awal," jelasnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com