• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Dua Penambang Kaki Menumbing Ditangkap

Senin, 09 September 2019 | 16:34 WIB
Razia penambang di Kaki Bukit Menumbing. Foto : Ira/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Muntok - Sejumlah petugas Satpol PP Kabupaten Bangka Barat melakukan razia di kaki Menumbing, Bangka Barat. Dari razia tersebut, petugas berhasil menangkap dua orang pekerja Tambang Inkonvensional yaitu Zainal dan Ivan yang sedang menambang di kawasan Hutan Lindung di Kaki Menumbing, Senin (9/

9/2019)

"Ada 25 personel termasuk Danru dan Danton. Lokasi yang kita razia hari ini adalah penyanggah Menumbing. Penyanggah Menumbing itu kan Hutan Lindung ( HL ), penyanggah konservasi," kata Kasat Pol PP Bangka Barat, Sidharta Gautama.

Sidharta menyebutkan pihaknya melakukan razia di kaki Menumbing karena di alur sungai dari Menumbing yang masuk ke Muntok telah tercemar.

"Jadi kalau kemaren kita langsung ke titik Menumbingnya, sekarang kita sisir dari bawah lagi, dari kaki Menumbing, karena informasinya alur sungai dari Menumbing yang masuk ke Muntok itu semua sudah tercemar dan terjadi penyumbatan dan pendangkalan," ujarnya.

Selain itu, Sidharta menjelaskan bahwa kerusakan di Kaki menumbing yang diakibatkan oleh aktivitas TI sudah sangat parah. "Kerusakannya yah sudah bisa main bola kita disitu, sudah bisa bikin bazar, karena sudah lantang," jelasnya.

Sidharta melanjutkan meskipun telah dilakukan razia berkali - berkali, namun masih ada saja penambang nakal yang masih beroperasi di kawasan Bukit Menumbing yang sudah masuk dalam Taman Hutan Raya (TAHURA), ia mengakui bahwa secara personel, Sat Pol PP Bangka Barat belum bisa melakukan upaya penyidikan sendiri.

"Nadi begini, Satpol PP Bangka Barat ini secara personel SDM-nya kita masih belum cukup untuk melakukan upaya penyidikan sendiri karena PPNS kita masih baru ada dua, itu pun yang satu sudah habis masa dan akan diperpanjang masih dalam proses," ucapnya.

Untuk itu, kata Sidharta pihaknya bekerja sama dengan aparat penegak hukum yaitu pihak Kepolisian untuk memproses lebih lanjut para penambang nakal yang beroperasi di Bukit Menumbing.

" Nanti akan kita koordinasikan semua yang kita tangkap hari ini akan kita buat secara tertulis nanti ditandatangani kawan - kawan penyidik yang PPNS untuk diserahkan ke Polres. Nanti ditanyakan ke Polres lah gimana tindak lanjutnya, yang penting kita serahkan supaya diproses sesuai dengan ketentuan," pungkasnya.

Dirinya menambahkan dua orang penambang yang ditangkap ini akan dilakukan BAP terlebih dulu dan pihaknya juga akan bertemu dengan Kapolres untuk membicarakan masalah ini. "Kami akan bikin berita acara segala macam dan akan kita serahkan ke Polres. Pemilik TI-nya sedang kita telusuri karena dia nggak mau ngaku, susah jadinya," tambahnya.

Loading...


Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com