• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Penyelidikan Dugaan Tipikor APBDes Bangka Kota Dihentikan

Sabtu, 07 September 2019 | 21:25 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Satreskrim Polres Basel memastikan penyelidikan kasus dugaan Tipikor APBDes Bangka Kota tahun 2017 dihentikan. Pasalnya, Pj Kades dan Sekdes telah mengembalikan dan menyetor kerugian negara sebesar Rp 124 juta ke kas Pemda Basel.

Polisi menghentikan kasus dugaan tipikor tersebut sesuai arahan dari Surat TR Bareskrim Polri bahwa pola penanganan tipikor yang dilaksanakan oleh Polri adalah memberikan kesempatan untuk mengembalikan kerugian negara. Yang telah dinyatakan adanya kerugian keuangan negara oleh BPK RI maupun BPKP. 

Nah, dalam laporan hasil audit Inspektorat dan diserahkan ke Satreskrim mengatakan bahwa Sekdes dan Pj Kades 2017 sudah mengembalikan kerugian negara senilai Rp 124 juta. 

"Mengacu pada arahan surat TR Bareskrim Polri membuat proses penyelidikan dalam perkara itu dihentikan. Tidak kita lanjutkan ke tingkat penyidikan. Acuan lain ialah SKB yang ditandatangani oleh Polri, Kejagung dan Kemendes," ujar Kasatreskrim Polres Basel AKP Daniel Albert Tampubolon, Sabtu (7/9).

Dalam surat keputusan bersama atau SKB tadi, pola penanganan kasus tipikor pada anggaran desa adalah memberikan kesempatan kepada terlapor untuk melakukan upaya pengembalian kerugian negara. Dengan masa 60 hari pasca BPKP atau Inspektorat mengaudit. 

"Merujuk pada dua aturan tadi sudah cukup kuat dan bisa kita mengambil langkah untuk menghentikan penyelidikannya. Kecuali pada masa 60 hari mereka tak mengembalikan kerugian, barulah perkara lanjut. Jika memenuhi unsur alat bukti, baru dinaikkan ke tingkat penyidikan," ujarnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com